Hadiri Kirab Panji NU dan Apel Kebangsaan, Ini Yang Disampaikan Kapolsek Watulimo

Polres Trenggalek – Apel kebangsaan dan Kirab Panji NU oleh Banser lintas Trenggalek dalam rangka memperingati Harlah Ke-95 Nahdlatul Ulama sore ini di lokasi wisata pantai Cengkrong Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek berlangsung khidmat, setelah sebelumnya menempuh perjalanan dari Kecamatan Munjungan dengan pengawalan dan pengamanan dari Kepolisian. Minggu (4/4).

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum yang turut serta menyambut rombongan mengatakan kegiatan diawali dengan apel kebangsaan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan tauziah serta doa bersama.

Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, mengingat masih di masa pandemi Covid-19 apel kebangsaan dan Kirab Panji NU tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Semua peserta apel wajib mengenakan masker, demikian juga dengan jumlah peserta yang dibatasi dan diatur sedemikian rupa untuk menjaga jarak aman satu sama lain.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan meskipun dengan sederhana, seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar tanpa kendala berarti, sehingga suasana dapat berlangsung khidmat.

“Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT semuanya lancar, sehingga suasana khidmat begitu terasa, semoga membawa berkah bagi kita semua,” ujar AKP Suyono.

Dalam sambutannya, AKP Suyono juga menyampaikan apresiasinya kepada Banser NU bersama TNI POLRI yang telah tampil sebagai garda terdepan dalam menjaga NKRI, dan diharapkan melalui kegiatan ini mampu membangkitkan kembali kesadaran seluruh elemen bangsa akan pentingnya makna persatuan dan kesatuan.

Semoga melalui apel kebangsaan dan Kirab Panji NU ini mampu mengkampanyekan nilai-nilai nasionalisme, NKRI dan Pancasila. Momentum Harlah Ke-95 Nahdlatul Ulama bisa menjadi kekuatan semangat bagi Banser dan warga NU serta rakyat Indonesia, untuk tetap menjaga Islam yang rahmah, Islam yang Rahmatal lil Alamin, cinta NKRI dan Pancasila. Karena menjaga dan merawat nasionalisme itu warisan para ulama NU,’’ lanjut AKP Suyono.

Sementara itu Gus Fachur Rahman juga mengapresiasi pihak Kepolisian yang telah memberikan dukungan dalam kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan aman dan lancar.

“Kami juga mohon maaf atas keterlambatan datangnya rombongan sehingga acara tidak sesuai dengan rencana, dan terima kasih kepada bapak Polisi yang telah mengawal serta mengamankan kegiatan ini. Apapun kebutuhan Kepolisian, kami dari Banser siap membantu.” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah ketua GP Ansor Kecamatan Watulimo, Kades Karanggandu dan Margomulyo, Fatayat NU IPNU-IPPNU, Banser dan sejumlah undangan dari berbagai kalangan masyarakat. Selanjutnya rombongan dilepas untuk melanjutkan kirab ke Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek.