Hindari Dan Cegah Pungli Kanit Provot Polsek Panggul Pantau Ruang Pelayanan SKCK

Polres Trenggalek – Pastikan tidak ada pungli dalam pelayanan di Polsek Panggul Polres Trenggalek Ps. Kanit Provost Polsek Panggul Polres Trenggalek Aiptu Nanang Sutrisno cek dan pantau ruang pelayanan SKCK dan Perijinan, Rabu (07/04)

Perlu diketahui pelayan SKCK dan Perizinan yang ada di Polsek Panggul Polres Trenggalek dilaksanakan mulai pukul 08.00 Wib sampai dengan pukul 14.00 Wib,(Senin sampai Jumat) atau sesuai standar jam kerja bank karena uang hasil penerimaan SKCK tersebut langsung di setorkan ke bank yang sudah di tetapkan yaitu bank BRI unit Panggul.

Adapun biaya pembuatan SKCK di tetapkan sebesar Rp. 30.000,- sesuai dengan PP No.60 Tahun 2016 Tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) baik pembuatan SKCK baru maupun perpanjangan, dan tidak dipungut biaya tambahan apapun.

Aiptu Nanang Sutrisno selaku Kanit Provost Polsek Panggul Polres Trenggalek melaksanakan pengecekan langsung kepada salah satu pemohon SKCK dan menayakan biaya yang dikeluarkan untuk pengurusan SKCK, Hal ini dilakukan saat jam pelayanan kepada masyarakat sedang berlangsung.

“Pelayanan di institusi manapun rentan terjadi pungli. Kewajiban kami untuk mengawasi dan memastikan tidak terjadi pungli khususnya dilingkungan Polsek Panggul ini,” tegas Aiptu Nanang.

Dalam kegiatan tersebut tidak menemukan adanya praktik pungli maupun barang buktinya. Harapannya pada tempat pelayanan SKCK dan perijinan benar-benar bebas dari pungli.(dkzld)