Jelang Ramadhan, Polres Trenggalek Akan Giatkan Patroli dan Pengawasan Prokes

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek masih menaruh perhatian serius terhadap progres percepatan penanganan penyebaran Covid-19. Terlebih dalam waktu dekat akan memasuki bulan Ramadhan 1442 H/2021.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Dopni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat memimpin acara analisa dan evaluasi (Anev) gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Trenggalek yang digelar di Rupatama. Rabu, (7/4).

AKBP Doni menuturkan, dari evaluasi selama beberapa waktu terakhir, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dinilai mulai mengalami penurunan. Setiap kali digelar operasi yustisi maupun penertiban baik ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan masih kerap ditemukan warga yang abai.

Demikian pula pada lokasi-lokasi keramaian maupun pusat perbelanjaan, petugas dilapangan masih sering menjumpai warga yang tidak menggunakan masker. Meskipun telah dilakukan vaksinasi dan sosialisasi tiada henti, bukan berti langakh pencegahan menjadi kendor. Sebaliknya harus terus ditingkatkan agar Kabupaten Trenggalek dapat segera beralih ke zona kuning.

“Memasuki bulan Ramadhan, selain dilakukan penguatan Harkamtibmas, juga dilakukan pengawasan lebih mengingat kemungkinan terjadi peningkatan aktivitas masyarakat baik pada saat menjelang buka puasa maupun sahur.” Ujar AKBP Doni.

“Kita pastikan berikan jaminan rasa aman masyarakat dengan tetap menjaga kewaspadaan dan mendorong kepatuhan protokol kesehatan. Ibadah khusyuk, aman dan tentunya sehat terhindar dari paparan Covid-19” Imbuhnya.

Guna mewujudkan hal tersebut, lanjut AKBP Doni, pihaknya telah menginstruksikan jajarannya agar lebih mengintensifkan patroli dengan sasaran pemukiman penduduk, pusat perbelanjaan hingga tempat ibadah serta memasifkan kembali kampanye prokes dengan melibatkan seluruh sumberdaya yang dimiliki Polres Trenggalek.

Pihaknya juga meminta agar keberadaan Kampung Tangguh Semeru yang telah didirikan ditiap desa lebih dioptimalkan kembali fungsi dan perannya serta mendorong keterlibatan tokoh lokal maupun FKPM setempat agar selama bulan Ramadhan keamanan dan ketertiban di Kabupaten Trenggalek tetap terjaga dan kondusif.