Kawal Aktivitas di Hari Pasaran, TNI Polri Dispilinkan Prokes di Pasar Induk Kampak

Polres Trenggalek – Polsek Kampak bersinergi dengan Koramil Kampak rutin menggelar pendisiplinan pemantauan protokol kesehatan baik secara mobiling maupun statis. Bersamaan dengan kegiatan tersebut Personil gabungan juga membagikan sejumlah masker kepada para pedagang dan pembeli serta pengguna jalan di pasar Induk Kampak. Selasa (06/04).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari upaya anggota Kepolisian dalam mengkampanyekan gerakan 5M sekaligus sosialisasi dan pendisiplinan protokol kesehatan kepada masyarakat. Sebagai wujud dukungan dan mengoptimalkan pelaksanaan program pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19, Polsek Kampak Polres Trenggalek bersama TNI dari Koramil Kampak telah menempatkan personelnya di tempat-tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Sejak pemberlakuan program-program pencegahan dan pengendalian Covid-19 kami sudah ploting anggota untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan secara ketat di seluruh wilayah Kecamatan Kampak Kabupaten Trenggalek,” ujar Aiptu Paijan yang turut serta kegiatan.

Dikonfirmasi oleh tim redaksi, Kapolsek Kampak Polres Trenggalek Iptu Andi Salbi, Amd.Kep., S.H, mengatakan pengawasan pemberlakuan protokol kesehatan ketat ini dilaksanakan setiap hari. Untuk waktu dan lokasi pelaksanaannya menyesuaikan dengan tingkat kerawanan dari masing-masing tempat.

“Setiap hari, selalu ada beberapa personil yang terjun bersama untuk melakukan pengawasan prokes di tempat-tempat keramaian di wilayah Kampak,” ucap iptu Andi.

“Tidak hanya melakukan pemantauan dan pengawasan, petugas di lapangan juga melakukan kampanye protokol kesehatan hingga membagikan masker kepada masyarakat dengan mengedepankan pola preventif humanis. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi sikap tegas dari para anggota. Jika ditemukan pelanggaran, petugas tidak akan segan melakukan teguran, memberikan sanksi ataupun membubarkan kerumunan,” tandasnya.