Pastikan Kondusif, Satsabhara Polres Trenggalek Gelar Patroli Bersepeda

Polres Trenggalek – Menjelang bulan suci Ramadhan, geliat aktivitas masyarakat mulai menunjukkan tren peningkatan. Untuk memastikan keamanan dan ketertiban, Satsabhara Polres Trenggalek menurunkan sejumlah personelnya untuk melakukan patroli disejumlah lokasi yang menjadi sentra perekonomian. Kamis, (8/4).

Sedikit berbeda, patroli yang dipimpin langsung oleh Kasatsabhara AKP Anwar, S.H. ini tidak menggunakan kendaraan patroli pada umumnya melainkan menunggangi sepeda kayuh.

Sejumlah anggota kepolisian ini kemudian berkeliling seputar kota dan tak ketinggalan mampir di beberapa lokasi seperti pasar rakyat, perbankkan, perkantoran, pusat kuliner hingga fasilitas umum yang kerap menjadi jujukan warga.

“Patroli bersepeda sangat efektif untuk blusukan kedalam pasar ataupun gang-gang sempit. Biar tambah sehat, imun kuat.” Ungkap AKP Anwar seraya tersenyum

Masih kata AKP Anwar, keberadaan unit patroli bersepeda ini merupakan komitmen jajarannya dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat utamanya menjelang bulan suci Ramadhan dimana sebagian besar masyarakat banyak melakukan kegiatan baik ekonomi maupun sosial.

Tak hanya sekadar berpatroli, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga berinteraksi langsung dengan warga yang ditemuinya. Komunikasi dua arah ini menjadi sangat penting untuk mengetahui secara riil kondisi keamanan setempat sehingga jika diperlukan bisa dilakukan langkah-langkah antisipasi secepatnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan imbauan tentang pentingnya protokol kesehatan dalam mencegah paparan Covid-19. Bahkan, beberapa petugas terlihat membagikan masker kepada sejumlah warga yang ditemui.

“Pandemi belum berakhir, tetap patuhi protokol kesehatan dan 5 M. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.” Pungkasnya.