Berikan Tindakan Fisik Bagi Pelaku Langgar Prokes

Polres Trenggalek – Sanksi fisik diberikan kepada pelanggar protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker saat beraktifitas di luar oleh petugas Patroli Polsek Pule Polres Trenggalek malam tadi di simpang lima, dusun Kasrepan desa Jombok. Kamis ( 7/4 ). Pelaksanaan hukuman fisik bagi pelanggar protokol kesehatan menindak lanjuti intruksi presiden nomor 6 tahun 2020 tentang disiplin protokol kesehatan.

 

Aiptu Nurkosim, Aiptu Nugroho dan Bripka Saifudin personel patroli dari polsek yang memberikan sanksi tersebut. Pelanggaran tidak menggunakan masker seharusnya sudah tidak ada lagi mengingat sudah lamanya pandemi Covid-19 yang mana masyarakat harus sadar tanpa diingatkan petugas Polisi.

 

” Saat ini masih adanya pandemi Covid-19 dengan begitu warga harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” kata Aiptu Nurkosim.

 

Dengan begitu, bagi warga yang tidak menggunakan masker saat bertemu petugas akan mendapatkan sanksi, menurut inpres nomor 6 tahun 2020 sanksi-sanksi bagi pelanggar prokes diantaranya teguran lesan, teguran tertulis, sanksi fisik, pekerja sosial dan sanksi administratif.

 

Sanksi diberikan kepada pelanggar protokol kesehatan bertujuan untuk memberikan efek jera sehingga tidak akan mengulangi pelanggaran yang sama terhadap prokes.

 

Teguran fisik pelanggar prokes pada malam tadi berupa tindakan fisik juga sama dalam tujuan memberikan teguran, saat ini wilayah pule berada di zona hijau siapa lagi kalau bukan kesadaran kita dalam menekan penyebaran Covid-19 untuk mematuhi prokes.