Gempa Mag 6,7 Guncang Barat daya Kabupaten Malang, Dampaknya di Dongko Trenggalek Luar biasa

Polres Trenggalek – Pasca terjadinya gempa Magnitudo 6.7 yang mengguncang di kedalaman 25 km Barat daya Kabupaten Malang Jawa Timur, Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., langsung bergerak mengendalikan anggota untuk melaksanakan patroli guna mengecek situasi di wilayah hukum.

Setelah mobiling ke sejumlah Desa di Kecamatan Dongko kemudian petugas patroli yang dipimpin Kapolsek Dongko Polres Trenggalek itu mendapati informasi jika bangunan Kantor Pemerintah Desa Cakul mengalami kerusakan akibat dampak bencana alam gempa bumi tersebut. Selanjutnya petugas mendatangi lokasi dan lakukan pengecekan yang ternyata benar adanya. Yakni ada kerusakan yang diakibatkan bencana gempa.

Saat dikonfirmasi dilokasi Kapolsek Dongko Polres Trenggalek menerangkan jika dampak gempa yang berada di kedalaman 25 km Barat daya Kabupaten Malang Jawa Timur itu hingga berasa di wilayah Dongko dan dampaknya luar biasa. Sehingga mengakibatkan sejumlah bangunan mengalami kerusakan yang agak parah diantaranya Kantor Pemerintah desa Cakul, kemudian balai desa siki.

“Untuk lokasi yang mengalami kerusakan agak parah diantaranya Kantor Pemerintah desa Cakul yakni atap (genteng) bangunan sepanjang dua puluh (20) meter persis diatas aula pertemuan dan atap ruang data mengalami rontok. Kemudian sebagian kecil dari atap balai desa Siki juga mengalami rontok akhirnya jatuh dan pecah. Selanjutnya untuk tafsir kerugian akibat bencana kurang lebih lima belas juta rupiah (Rp.15.000.000,-) namun demikian tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut.” Terang AKP Rohadi.

Atas hal itu kami sudah perintahkan para Bhabinkamtibmas sebagai pembina desa segera mengecek ke wilayah untuk mendata terkait dampak bencana. Dan dari kejadian ini saya selaku Kapolsek Dongko Polres Trenggalek menyarankan kepada perangkat desa agar segera melakukan pemasangan terpal darurat untuk penutup atap, dan jika ada yang masih bisa dibenahi segera saja dipasang kembali sehingga tidak memperparah keadaan. Tandas AKP Rohadi.