TNI Polri di Kecamatan Watulimo Bersinergi dalam Penanganan Bencana Gempa Bumi

 

Polres Trenggalek – Gempa bumi 6,7 SR mengguncang Jawa Timur tepatnya di 82 km barat daya kabupaten Malang pada hari Sabtu tanggal 10 April 2021. Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa bumi ini tidak menyebabkan tsunami. Meski demikian getarannya terasa hingga di Kabupaten Trenggalek. Goncangan yang cukup hebat mengakibatkan bangunan dan rumah warga di Trenggalek mengalami kerusakan. Minggu (11/4).

Wilayah yang mengalami dampak oleh bencana itu diantara nya kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Polsek Watulimo Polres Trenggalek bersama Koramil dan TNI AL saling bekerjasama melakukan evakuasi dan memberikan pertolongan bagi para korban bencana gempa tersebut di lokasi.

Hal ini  sebuah bentuk kerjasama dan pengabdian TNI-Polri  bagi negara dalam membantu warga masyarakat, khusus nya bagi warga yang kena gempa di kecamatan Watulimo yang mengalami luka dan kerugian materi yang cukup besar

Semua personil dan segala perlengkapan  yang diperlukan telah diturunkan ke lokasi bencana, guna percepatan pemulihan pasca gempa.

Puing bangunan yang rusak dan berserakan di sejumlah rumah dibersihankan secara bergotong royong oleh petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri serta unsur terkait lainnya.

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum mengatakan, personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, serta dibantu aparat terkait lainnya,selalu siap dan siaga dalam tanggap bencana yang terjadi di wilayah Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek.

“Kita akan bekerja semaksimal mungkin bersama TNI dan dinas terkait, untuk pemulihan secepat nya,puing bangunan yang dianggap berbahaya sudah kita singkirkan,berikut kami juga mendata kerusakan rumah warga, bangunan pemerintah serta fasilitas umum yang rusak,” ujar AKP Suyono.

Lebih lanjut AKP Suyono menjelaskan diwilayahnya juga sudah disiapkan Posko Tanggap Bencana, dan diharapkan melalui Posko tersebut akan memudahkan pengorganisasian dan manajemen penanganan bencana, sehingga penanganan gempa bumi di Kecamatan Watulimo berjalan efektif seperti yang direncakan.

“Selain itu dengan adanya posko gabungan, akan sangat berguna sekali sebagai tempat konsolidasi dan evaluasi penanganan bencana,” pungkas nya