Serah Terima Tugas Jaga, Wakapolsek Munjungan Lakukan Pengecekan Senpi


Polres Trenggalek – Senjata Api (Senpi) merupakan barang inventaris yang sangat vital, baik Senpi laras panjang maupun Senpi laras pendek.

Untuk itulah sebelum pelaksanaan serah terima tugas jaga, pengecekan barang inventaris khususnya senjata api harus betul betul di laksanakan secara bersama, baik jaga lama maupun jaga baru sesuai standard operasional prosedur (SOP) yang ada.

Seperti Kali ini, Selasa (13/4/21), dengan dipimpin oleh Wakapolsek Ipda Samsul Hadi, melakukan pengecekan senjata api di gudang senjata Mapolsek Munjungan.

“Kegiatan Serah terima dilakukan sebagai bentuk pertanggung jawaban dan kedisiplinan anggota dalam pelaksanaan tugas dan menjaga barang inventaris dan kebersihan serta kelengkapan yang nantinya mendukung dalam pelaksanaan tugas,” terang Ipda Samsul.

Dirinya juga menambahkan, pengecekan senpi harus betul betul dilaksanakan dengan baik, utamanya jumlah senpi itu sendiri beserta amunisinya harus benar benar lengkap sesuai daftar barang inventatis.

“Disamping itu juga kondisi dan kelayakan senpi harus benar benar di cek apakah siap atau layak pakai pada saat akan di pergunakan begitu juga keamanan senpi pada saat disimpan, kamar peluru senjata harus diperhatikan jangan sampai ada amunisi yang berada dikamar senjata pada saat senjata tidak dipergunakan atau disimpan,” Imbuhnya.

Kegiatan pengecekan seperti ini juga untuk menghindari penyalahgunaan Senpi Inventaris, sebelum melaksanakan serah terima tugas penjagaan serta demi kesiapan senjata api inventaris yang ada apabila sewaktu-waktu diperlukan atau digunakan tidak ada hambatan. (*).