Bahaya! Jangan Modifikasi Motor Menyalahi Aturan

Polres Trenggalek – Modifikasi sepeda motor yang tidak sesuai dengan perntukanya bisa membahayakan pengendara dan juga pemakai jalan lainya, penggunaan ban yang tidak sesuai akan berdampak kecelakaan serta kelengkapan knalpot dan spion harus terpasang di sepeda motor saat dikemudikan.

AKP Sardono bersama anggota patroli saking cintanya dengan warga pule dan tidak ingin kejadian buruk dialami lantaran sepeda motor yang tidak standart dalam modifikasi mengimbau untuk dikembalikan sesuai standarnya.

Kejadian itu ditemukan saat anggota patroli berada di simpang lima Kasrepan desa Jombok, itu pada siang kemarin Rabu ( 14/4 ).

“ Tidak dibenarkan adanya modifikasi yang mengarah kepada pelanggaran lalu lintas, kita bisa mengambil contoh adanya pemakaian ban yang tidak sesuai standart pabrik. Dengan menggantinya dengan ban kecil, selain itu pemakaian knalpot brong yang menimbulkan kebisingan,” kata petugas patroli Polsek Pule Polres Trenggalek kepada warganya.

Aiptu Nugroho Mengatakan, “ setiap orang yang memasukkan Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan ke dalam wilayah Republik Indonesia, membuat, merakit, atau memodifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe, kereta gandengan, kereta tempelan, dan kendaraan khusus yang dioperasikan di dalam negeri yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe sebagaimana dimaksud dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000.”

Menurut penyampaian Petugas Patroli Polsek Pule Polres Trenggalek Aiptu Nugroho, Ada beberapa yang perlu diperhatikan saat kita memodifikasi motor yang legal di jalan raya. Pastikan beberapa hal berikut adanya Spion tetap ada, berjumlah dua dan berfungsi, Lampu depan, belakang, dan dua buah sein depan serta belakang ada dan safety, Jika untuk kontest boleh saja semau anda berkreasi, tapi jika buat harian(daily use) wajib mematuhi peraturan lalu lintas.