Mengisi Khutbah Jumat, Brigadir Dedi Sampaikan Tips Jalani Ramadan di Tengah Pandemi

Polres Trenggalek – Upaya segenap personel Polsek Bendungan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat melalui jalan ibadah patut diacungi jempol.

Seperti yang dilakukan pak Bhabin yang satu ini, melalui program Safari Jumat, ia sampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada seluruh jamaah.

Mengambil tema “Berbahagia dengan Ramadan meski di Tengah Pandemi”, Brigadir Dedi Mahendra Sukma yang dikenal sebagai Dai Muda ini coba mengupas kembali makna ibadah di bulan suci dengan tantangan virus corona.

“Ini dua Ramadan yang kita temui dalam suasana pandemi. Sedih karena pandemi belum teratasi itu manusiawi. Sembari ikhtiar untuk mengatasi wajib terus dijalani,” ucap Brigadir Dedi.

Ia melanjutkan, bukan berarti amalan hati berupa bahagia menjalani Ramadan harus terlewati.

“Penuh harap, bersemangat, dan berbahagia, merupakan amalan hati yang sering terlupakan saat Ramadan. Padahal ini menjadi kunci keberhasilan ibadah kita di bulan Ramadan ini,” tambahnya.

Sebagaimana hadits, barangsiapa menjalankan puasa Ramadan karena keimanan dan mengharapkan pahala di sisi Allah, niscaya dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni (HR. Bukhari Nomor 38 Muslim Nomor 760).

Lebih jauh ia menerangkan, iman adalah meyakini bahwa puasa itu adalah syariat yang diwajibkan Allah kepada kita.

“Ihtisab adalah berharap pahala, disertai semangat dan berbahagia menjalani ibadah,” ujarnya.

Sebelum menutup khutbahnya, ia mengimbau kepada seluruh jamaah tetap menjalankan protokol kesehatan sambil berikhtiar agar tetap terhindar dari virus maupun penyakit.