Kultum Ramadhan, AKP Rohadi : Hikmah Puasa di Masa Pandemi

Polres Trenggalek – Ramadhan tahun ini begitu istimewa dan sangat berharga bagi kehidupan mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19.

Mensikapi hal diatas, Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., melalui tulisan ini berpesan jika dalam menjalankan ibadah puasa dimasa pandemi ini semuanya harus kuat dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan disetiap aktivitas. Tak terkecuali di kegiatan keagamaan yakni pelaksanaan shalat tarawih berjamaah yang tetap memberlakukan prosedur menjaga jarak saat shaf jamaah. Demikian pula dengan kegiatan masyarakat lainnya tentunya wajib memperhatikan dan kepatuhan terhadap 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan serta membatasi aktivitas juga interaksi).

“Maka dari itu kita sebagai umat muslim harus bisa mengambil hikmah daripada puasa Ramadhan yang mana salah satunya sebagai bagian untuk membangun kedisiplinan dalam mengoptimalkan pemanfaatan waktu juga kedisiplinan dari menjalankan protokol kesehatan karena kita masih hidup pada masa pandemi.” Kata Kapolsek Dongko.

Tidak berarti kita berlebihan pada ibadah puasa ini saja dalam menjalankan kedisiplinan sehingga mengabaikan ibadah lainnya. Namun, aktualisasinya makna puasa itu justru terdapat dalam ibadah lainnya yang mana saling berkaitan. Oleh karenanya puasa Ramadhan ini adalah ibadah yang sangat memperhatikan kedisiplinan. Jelasnya.

Dan yang terakhir di bulan Ramadhan ini marilah kita bersama jalankan dan amalkan sebelum melangkah kita harus berniat ibadah agar segala urusan menjadi mudah juga lebih berkah. Pungkas AKP Rohadi.