Pastikan Kelancaran Ibadah Rutin Umat Kristiani, Polsek Kampak Sterilisasi GKJW Bendoagung

Polres Trenggalek – Petugas Kepolisian dari Polsek Kampak Polres Trenggalek yang dipimpin oleh Ka SPKT Aiptu Sumani, pada Minggu (18/04) pagi melaksanakan giat pengamanan sekaligus sterilisasi Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) yang terletak di Desa Bendoagung Kampak.

Saat disinggung giat nya pagi ini, Ka SPKT Aiptu Sumani mengatakan, pada Minggu pagi pada pukul 06.30 WIB sebelum para jemaat Gereja berdatangan, pihaknya bersama para anggota yang terdiri dari Bripka Puguh Riyanto, S.H. dan Bripka Imron Rosyadi sudah hadir di GKJW Desa Bendoagung guna melakukan sterilisasi dan pengamanan GKJW guna memastikan giat ibadah rutin hari Minggu yang hendak dilaksanakan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Setiap Minggu pagi, para anggota kepolisian memang melaksanakan pengawasan dan pengamanan dilingkungan gereja. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya potensi gangguan Kamtibmas maupun aksi terorisme.

“Pukul 06.30 WIB, kami sudah sampai di GKJW Bendoagung. Sesampainya disana petugas langsung melakukan sterilisasi dengan memeriksa altar, sekitar panggung, cek sound sistem, tempat duduk jemaat, cek samping kanan dan kiri gereja serta melakukan pengecekan di depan gereja,” ucap Aiptu Sumani.

Setelah melaksanakan sterilisasi dan tidak ditemukan adanya benda atau barang mencurigakan yang dapat mengancam keselamatan para jemaat, kemudian para personil Polsek Kampak tersebut melanjutkan kegiatan pengamanan di depan gedung gereja.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. melalui Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi, Amd.kep., S.H. menuturkan kegiatan pengamanan ibadah tersebut adalah kegiatan Polsek yang digelar secara rutin, seperti hari Minggu lainnya di gereja – gereja yang ada di Kecamatan Kampak.

Pengamanan di saat Ibadah yang dilakukan oleh pihak Polsek Kampak guna menjalin hubungan baik dengan masyarakat dengan tidak di pandang bulu dan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah apa lagi yang letaknya berada di pinggir jalan raya dan ramainya masyarakat yang melaksanakan ibadah Minggu bagi umat Nasrani.

Kapolsek Kampak mengatakan, “Kami berharap pengamanan ibadah ini sebagai gambaran toleransi umat beragama kepada masyarakat yang mana saat pengamanan ibadah Minggu dilakukan oleh petugas Polisi yang beragama muslim,” pungkasnya.