Bhabinkamtibmas Desa Petung Takziah, Kapolsek Dongko : Saling Menolong antar Sesama dalam Kebaikan dan Ketakwaan

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas Desa Petung Polsek Dongko Polres Trenggalek BRIPKA Amron Dwi Laksono lakukan takziah ke rumah duka almarhum Pujito yang beralamatkan di Rt 17/04 Dusun Banar Desa Petung Kecamatan Dongko.

Disana, Bhabinkamtibmas Desa Petung ikut menandu jenazah bersama petakziah lainnya, kemudian menghantarkan hingga tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Banar Petung.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., membenarkan kegiatan takziah Bhabinkamtibmas Desa Petung dalam kepedulian sekaligus berempati kepada warga binaan yang meninggal.

“Ya benar, Bhabinkamtibmas Desa Petung selalu hadir ke tempat warga binaannya ketika mengetahui ada warganya yang meninggal. Hal itu adalah wujud daripada kepedulian sekaligus berempati dan menghibur keluarga yang ditinggalkan.” Ucapnya.

Diambil arti secara bahasa takziah berarti menghibur, menyatakan bela sungkawa, menyampaikan duka cita, dan menyabarkan keluarga orang yang meninggal. Kemudian hukum takziah adalah sunnah alias dianjurkan. Hukum ini tentu harus dibedakan dengan mengurus jenazah yang hukumnya fardhu kifayah. Artinya, walau jenazah sudah ada yang mengurus, takziah tetap disunnahkan. Dasarnya adalah saling menolong antar sesama muslim dalam kebaikan dan ketakwaan. Terang AKP Rohadi.

Selaku Kapolsek Dongko Polres Trenggalek, saya ikut belasungkawa mendalam atas kepergian alamarhum. Dan semoga almarhum mendapatkan tempat terindah serta semua amal kebaikannya diterima oleh Allah S.W.T. dan kepada keluarga yang telah ditinggal agar senantiasa diberikan kekuatan juga ketabahan hati. Tutupnya.