Polsek Karangan Bersama Satgas Desa, Melakukan Prosesi Pemakaman Warga Meninggal Dunia

Polres Trenggalek – Adanya warga meninggal dunia akibat Covid-19, ini menunjukkan bahwa penyebaran virus ini masih belum bisa dipastikan hilang, warga Desa Kedungsigit Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek dikabarkan meninggal dunia akibat Covid-19, mendengar kabar tersebut. Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H. bersama anggotanya langsung bergegas melakukan koordinasi dengan pemerintah desa, Satgas desa, dan memberikan pengamanan, pemahaman bagi keluarga jenazah yang meninggal dunia, untuk bersama-sama melaksanakan prosesi pemakaman.

Jenazah yang rencanannya akan dimakamkan di pemakaman umum Desa Kedungsigit. Setelah jenazah tiba dilokasi pemakaman, Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki bersama anggota, serta, warga setempat ikut menyalatkan jenazah, kemudian jenazah dimakamkan oleh petugas yang menggunakan APD Lengkap.

“Kami Ingatkan Masyarakat yang bermukim di sekitar areal perkuburan tidak perlu khawatir adanya jenazah pasien covid-19 dimakamkan di sekitar lingkungan. Sebab pemusalaran pasien covid-19 telah melalui prosedur ketat, sehingga tidak ada alasan menolak pemakaman korban covid-19,”ujarnya.

Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki usai melaksanakan pengamanan pemulasaran jenazah saat dikonfirmasi menjelaskan, penolakan itu mungkin terjadi karena ketidaktahuan atau minimnya informasi yang diterima warga terkait Covid-19, khususnya protokol pemulasaraan jenazah. Ia meminta agar warga tidak memberikan stigma negatif kepada jenazah Covid-19.

Selama prosedur penanganan jenazah sesuai protokol kesehatan yang benar dan tepat, tidak akan menimbulkan persoalan.
“Kalau prosedur pengelolaan jenazah itu sudah standar dengan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) dan juga sesuai dengan standar syariat islam, itu benar-benar sudah aman,” ujar AKP Tri Basuki. .

“Jadi, sebetulnya tidak ada alasan bagi kita semua untuk menolak dikuburkannya jenazah yang wafat karena Covid-19 ini sepanjang sudah sesuai dengan prosedur protokol pengelolaan jenazah, baik secara syariat maupun standar kesehatan,” tambahnya.

Apalagi semua sudah sesuai dengan protokol kesehatan, kita ketahui bahwa kematian adalah kehendak dari yang maha kuasa, mari kita sama-sama mendoakan jenazah, agar diterima semua amal ibadahnya, dan keluarga yang di tinggal diberikan ketabahan hati. semua ini sudah menjadi takdir sang ilahi.” Tegas AKP Tri Basuki.