Wakapolres Trenggalek: Bhabinkamtibmas Adalah Ujung Tombak Harkamtibmas

Polres Trenggalek – Perberdayaan melalui konsep pemolisian masyarakat (Polmas) masih menjadi pilihan utama jajaran Polres Trenggalek dalam mengelola keamanan dan ketertiban yang kondusif. Melalui konsep Polmas ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta dan kontribusi masyarakat dalam menjaga Kamtibmas di lingkungan masing-masing.

Hal tersebut tak lepas dari kontribusi Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang selalu pro aktif turun ke desa-desa binaan. Guna mendukung dan mengakselerasikan hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar Training of Trainer Penggunaan Aplikasi Binmas Online System (BOS) V2. Rabu, (28/4).

Dalam kegiatan yang digelar di Rupatama Mapolres tersebut diikuti oleh sedikitnya sedikitnya 42 orang perwakilan Bhabinkamtibmas se Kabupaten Trenggalek ditambah 14 orang Kanitbinmas Polsek jajaran selaku koordinator dan penanggungjawab kegiatan Bhabinkamtibmas.

Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H. yang membuka langsung kegiatan tersebut mengatakan, aplikasi BOS ini merupakan wujud komitmen Polri dalam memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat dalam menjalankan tugas pokoknya selaku pelindung, pelayanan dan pengayom masyarakat.

“Bhabinkamtibmas adalah ujung tombak dan miniatur Polri di tengah masyarakat. Kehadiran Bhabinkamtibmas melalui sambang desa ataupun kegiatan yang lain harus bisa membawa manfaat bagi masyarakat. Tidak terbatas pada pembinaan semata tetapi juga berfungsi sebagai problem solver dan solutor yang baik” Ujar Kompol Mujito.

Oleh sebab itu, seorang Bhabinkamtibmas wajib selalu hadir di desa binaan masing-masing dan menguasai astra gatra setempat. Pemetaan potensi konflik maupun update perkembangan sebagai bagian dari deteksi dini adalah salah satu tugas pokok yang diemban oleh seorang Bhabinkamtibmas.

“Ikuti pelatihan ini dengan serius dan sebaik-baiknya. Jika ada kesulitan atau kendala sampaikan kepada nara sumber agar segera ada langkah perbaikan. Laporan yang diupload melalui aplikasi ini harus benar-benar riil dan tidak ada manipulasi. Tetap semangat, jalankan tugas dan tanggung jawab ini dengan sebaik-baiknya” Pungkasnya.

Dalam acara yang digelar sehari ini antara lain, Sedangkan bertindak sebagai instruktur adalah, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Moch Solichin, S.H., Aipda Andik Iswahyudi, Aipda Gunawan Hadi. P., Bripka Setiono, S.H., Bripka Devit Dwi Heri S, S.H., Briptu Desma Pramanto, S.H., dan Briptu Fajar Yoyok Purnomo. Ke-tujuh personel ini merupakan perwakilan Polres Trenggalek yang telah memperoleh materi yang sama di Tingkat Polda Jatim.

Sebagai informasi, aplikasi BOS V2 ini merupakan implimentasi dari Polri Presisi yang telah di Canangkan oleh Kapolri. Aplikasi BOS digunakan sebagai wadah pelaporan kegiatan Bhabinkamtibmas secara realtime dan berbasis teknologi terkini yang dapat diakses melalui Handphone maupun PC/Laptop.

Beberapa manfaat dari aplikasi ini antara lain memudahkan Bhabinkamtibmas untuk mendapatkan informasi yang valid dari Korbinmas Baharkam Polri, menyebarkan informasi yang reliabel, cepat, dan terpercaya kepada Masyarakat Desa, mengadukan keluhan, saran, atau pendapat kepada Korbinmas Baharkam Polri, sebagai laporan kegiatan harian untuk mendukung transformasi Polri yang Prediktif, serta menindaklanjuti secara langsung atensi dari pimpinan POLRI atau pimpinan Korbinmas Baharkam Polri