Antisipasi Teror, Polsek Watulimo Gelar Simulasi Pengamanan Mako

Polres Trenggalek – Menyikapi perkembangan dan dinamika Kamtibmas nasional, jajaran Polres Trenggalek tak terkecuali bagi Polsek Watulimo juga meningkatkan kewaspadaan. Tidak hanya itu, Polsek yang berada di pesisir selatan Kabupaten Trenggalek ini juga memperketat penjagaan Markas Komanda (Mako). Hal itu ditunjukkan dalam simulasi pengamanan Mako / Alarm Stelling. Senin (3/5)

Setelah lonceng alarm stelling dibunyikan, seluruh personel nampak mengambil posisi siaga. Dibagian gerbang atau pintu masuk Mapolsek, sejumlah anggota mengawasi dengan penuh kewaspadaan serta memastikan seluruh perangkat pengamanan mulai pintu gerbang sampai CCTV berfungsi dengan baik dan lancar. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan gangguan Kamtibmas utamanya berupa penyerangan terhadap anggota Polri mapun mako.

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H.,M.Hum menjelaskan, proses pengamanan Mako pada dasaranya mengacu pada Protap dan SOP yang berlaku diantaranya menempatkan personel di pintu masuk maupun keluar serta mengawasi setiap pergerakan baik orang ataupun kendaraan yang dinilai mencurigakan.

“Lebih tepatnya pengamanan Mako yang ditingkatkan mengingat dan menilik perkembangan situasi akhir-akhir ini.” Jelas AKP Suyono.

Pihaknya juga telah menginstruksikan kepada petugas jaga Mako agar meningkatkan kewaspadaan dan lebih cermat dalam bertugas. Namun demikian pelayanan masyarakat tetap terbuka seperti biasa. Yang menjadi pembeda adalah pengawasan yang mungkin lebih ketat dibanding hari-hari biasa.

“Dengan peningkatan kewaspadaan ini diharapkan dapat mengantisipasi serta meminimalisir ancaman gangguan Kamtibmas yang bisa terjadi sewaktu-waktu, dan kondisi kemanan khususnya di wilayah Kecamatan Watulimo Trenggalek senantiasa terjaga, aman dan kondusif.” pungkasnya.