Bukan Hanya Inovatif, Bhabinkamtibmas Juga Harus Solutif

Polres Trenggalek – Untuk menjamin ketentraman dan kenyamanan masyarakat di desa binaannya, Bhabinkamtibmas harus selalu berinovasi agar selalu mendapat tempat di hati warganya, selain itu juga dituntut untuk menjadi pribadi yang solutif guna memberikan solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada pada warganya. Senin (3/4).

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Watulimo Polres Trenggalek Bripka Willia Eka Santoso bersama Babinsa dan Kepala Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek dengan menjadi mediator dalam penyelesaian masalah konflik keluarga yang melibatkan masyarakat Desanya.

Permasalahan tersebut timbul karena sebelumnya terjadi kesalahpahaman dalam hubungan rumah tangga kemudian terjadi pertengkaran mulut dan hampir berujung ke perceraian.

Mengetahui permasalahan tersebut, Bripka Willia bersama tiga pilar mempertemukan pihak yang bertikai untuk dilakukan musyawarah dengan maksud permasalahan tidak berlarut larut dan dapat segera diselesaikan.

“Kami menyampaikan beberapa pilihan solusi penyelesaian sebagai bahan pertimbangan, agar musyawarah berjalan lancar tanpa adanya tekanan,” ujar Bripka Willia.

Dan pada akhirnya, kedua belah pihak menerima saran Bripka Willia untuk saling memaafkan, saling menyadari bahwa tindakan dan ucapan sebelumnya yang dianggap keliru bisa dimaklumi, karena masih dalam kondisi emosi.

“Mereka sepakat untuk saling memaafkan, dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, bahkan mereka akan meneruskan hubungan rumah tangga yang lebih baik lagi dan harmonis,” lanjut Bripka Willia.

Sambil berjabat tangan, keduanya mengucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas serta unsur tiga pilar Desa Sawahan yang telah menjembatani pertemuan tersebut untuk musyawarah mufakat dalam penyelesaian masalah demi tercapainya situasi Desa yang tetap aman dan kondusif.

Dikonfirmasi terpisah Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum membenarkan dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Bripka Willia bersama unsur tiga pilar Kamtibmas Desa, sehingga permasalahan warga dapat segera ditanggulangi dan terselesaikan yang pada akhirnya situasi Kamtibmas di wilayah khususnya Desa Sawahan senantiasa aman dan kondusif.