Hadapi Situasi Emergency Polsek Karangan Menggelar Simulasi Alarm Stelling

Polres Trenggalek – Seluruh personel Polsek Karangan melaksanakan simulasi alarm stelling dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan personel menghadapi situasi yang bersifat kontijensi, seperti darurat mako, bencana alam maupun aksi serangan terorisme.

Simulasi alarm stelling dilaksanakan usai pelaksanaan apel pagi, Senin (03/05/2021), di halaman utama Mapolsek Karangan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H, didampingi Wakapolsek Ipda Suparno, para kanit dan kasi. juga seluruh anggota.

“Simulasi alarm stelling ini penting dilaksanakan sebagai konsep dasar tindakan pertama personel manakala dihadapkan pada situasi yang bersifat kontijensi seperti darurat mako, bencana alam ataupun ancaman aksi terorisme,” ungkap Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki dihadapan personelnya.

Latihan simulasi alarm stelling dikoordinir oleh Wakapolsek Karangan, para Kanit dan Kasi, dengan melibatkan seluruh personel Polsek Karangan.

“Dikondisikan pada awalnya situasi dalam keadaan tenang, kemudian dibunyikan suara alarm, sehingga serta merta seluruh personel wajib meninggalkan ruangan kerjanya, meninggalkan segala aktivitasnya, menuju ke titik kumpul masing-masing bagian dan satuan, yang telah ditentukan dengan pergerakan extra cepat,” Ungkapnya.

Terpantau seluruh personel Polsek Karangan secara antusias mengikuti tahap demi tahap rangkaian kegiatan latihan simulasi alarm stelling. Atau juga bisa disebut PLB “Panggilan Luar Biasa”.

“Diharapkan dengan adanya latihan alarm stelling, seluruh peronel dapat meningkatkan kesiapsiagaan, fokus, tanggap dan peka serta bergerak cepat apabila dihadapkan pada situasi dan kondisi darurat ancaman tinggi,” pungkas AKP Tri Basuki S.H. diakhir kegiatan simulasi.