Jelang Lebaran, Kapolres Trenggalek Instruksikan Tingkatkan Pengamanan Pusat Keramaian

Polres Trenggalek – Mendekati hari raya idul fitri 1442, ekskalasi aktivitas masyarakat di Kabupaten Trenggalek semakin meningkat. Hal ini terlihat dari beberapa pusat perbelanjaan, pertokoan dan pasar yang dipadati pengunjung.

Demikian pula kegiatan masyarakat menjelang waktu berbuka puasa (Ngabuburit), pelaksanaan ibadah salat tarawih maupun ronda sahur yang sudah menjadi budaya masyarakat Kabupaten Trenggalek. Maraknya penjual takjil, buka bersama hingga tradisi berziarah seolah menjadi bagian yang tak terpisahkan meramaikan bulan suci ramadan.

Kondisi tersebut tentunya turut berpengaruh terhadap situasi Kamtibmas wilayah. Kerawanan berupa aksi kriminalitas maupun kejahatan lain harus diantisipasi sidini mungkin agar masyarakat tetap merasa aman dan nyaman saat beraktivitas.

Menyikapi hal tersebut, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. meminta jajarannya untuk all out melakukan pengamanan khususnya pada lokasi-lokasi yang banyak dikunjungi oleh masyarakat. Tidak sekadar fokus pada aspek keamanan semata tetapi juga mencegah kerumunanan dan melakukan pengawasan protokol kesehatan secara ketat.

“Memberikan rasa aman dan menjamin keselamatan masyarakat adalah tugas mulia. Laksanakan dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab” Ujar AKBP Doni saat memimpin apel pagi di halaman Mapolres. Senin, (3/5).

AKBP Doni menegaskan, kehadiran polisi sangat diperlukan untuk mencegah dan mengantisipasi setiap gangguan Kamtibmas yang ada. Pihaknya juga mengintruksikan meningkatkan patroli interaktif ke perkampungan dan pemukiman penduduk.

“Kerahkan seluruh sumberdaya yang kita miliki untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat” Imbuhnya.

Terkait dengan larangan mudik lebaran, orang nomor satu dijajaran Polres Trenggalek ini menuturkan bahwa telah mendirikan pos chek point di perbatasan. Namun demikian pihaknya meminta agar dilakukan sosialisasi tetap dilakukan secara masif melalui berbagai saluran yang ada.

“Pandemi Covid-19 belum berakhir. Kita imbau masyarakat agar menunda dulu mudik lebaran tahun ini untuk kebaikan, keselamatan dan kesehatan kita semua” Pungkasnya.