Jelang Idul Fitri 1442, Polres Trenggalek Gelar Rakor Bersama Stakeholder

Polres Trenggalek – Persiapan dan kesiapan menjelang hari raya idul fitri terus dilakukan jajaran Kepolisian. Guna menjaga situasi dan kondisi Kamtibmas tetap kondusif, Polres Trenggalek menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H. Selasa, (4/5).

Dalam acara yang digelar di Rupatama Mapolres tersebut, hadir diantaranya Bupati Trenggalek H. M. Nur Arifim, Kapolres AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., Dandim 0806 Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol., pejabat utama Poles Trenggalek, Kepala OPD terkait, Kapolsek jajaran, perwakilan dari MUI, DMI, dan ormas keagamaan, Bulog, Pertamina hingga Pondok pesantren.

Dalam sambutannya, AKBP Doni menuturkan, Rakor hari ini merupakan awal dari pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2021 yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat guna pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1224 H.

“Langkah antisipasi baik aspek keamanan dan ketertiban masyarakat maupun kesehatan terkait dengan penyebaran Covid-19 sehingga kerjasama yang sinegris antar steakholder.” Ujar AKBP Doni.

AKBP Doni menekankan, mobilitas warga yang tinggi menjelang hari raya ideul fitri maupun lebaran ketupat merupakan salah satu faktor yang berpotensi menjadi penyebab penularan Covid-19. Oleh sebab itu, pihaknya telah mendirikan pos penyekatan di dua lokasi yakni perbatasan Trenggalek-Ponorogo dan Trenggalek-Pacitan.

“Patuh Prokes adalah langkah protektif untuk melindungi masyarakat.” Imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Trenggalek mengatakan, melonjaknya kematian akibat Cocid-19 di India merupakan pelajaran berharga dan perlu diantisipasi sejak dini. Jangan sampai euforia hari besar justru berdampak pada meningkatnya penyebaran Covid-19.

Terkait dengan lebaran ketupat, pihaknya mengimbau tidak ada pawai maupun hiburan untuk mengurangi potensi kerumunan disamping penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Sedangkan Dandim 0806 menegaskan siap all out membantu jajaran Kepolisian dan pemerintah daerah dalam pengamanan hari raya Idul Fitri maupun lebaran Ketupat mendatang. Baik personel maupun sarana prasarana pendukung lainnya.