Peduli Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi, Polres Trenggalek Luncurkan Harmonis Mantap

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek meluncurkan satu lagi program inovasi yang berbasis sosial kemasyarakat. Program kreatif unggulan yang bertajuk ` Harapan Masyarakat Optimis Untuk Hidup Sehat (Harmonis) Mantap` ini merupakan salah satu langkah jajaran Kepolisian dalam membantu memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Prosesi peresmian Harmonis Mantap yang digelar di Balai Desa Bendorejo Kecamatan Pogalan, Kabupaten Trenggalek tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan pemukulan gong oleh Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin disaksikan oleh jajaran Forkopimda dan tamu undangan lainnya. Selasa, (4/5).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. menuturkan, program Harmonis Mantap merupakan wujud kepedulian terhadap masyarakat khususnya yang berusia lanjut. Kegiatan yang dilakukan berupa pemeriksaan kesehatan gratis secara rutin dan berkesinambungan untuk kemudian diberikan rekomendasi tentang langkah-langkah pencegahan penyakit baik pengobatan maupun perawatan.

“Polres Trenggalek bersinergi bersama pemerintah daerah melakukan deteksi dini terhadap penyakit yang mungkin di derita oleh warga di masa pandemi utamanya yang telah berusia lanjut.” Ungkap AKBP Doni.

Masih kata AKBP Doni, selama ini masyarakat datang kerumah sakit sudah dalam keadaan sakit bahkan tidak jarang dalam kondisi yang sudah cukup parah. Melalui `Harmonis Mantap` ini, setidaknya bisa dimanfaatkan sebagai pencegahan dini terhadap gangguan kesehatan sehingga bisa segera dilakukan perawatan secara intensif.

“Harapan saya dengan adanya program ini menjadikan masyarakat menjadi lebih sehat di masa pandemi, berkelanjutan dan bisa menekan penyebaran Covid 19” Imbuhnya.

Senada, Bupati Trenggalek menegaskan Harmonis Mantap adalah langkah konkret dari sinergitas Polri bersama pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dengan memberikan pemeriksaan kesehatan gratis secara keliling, menjangkau kecamatan hingga desa di Kabupaten Trenggalek.

“Lebih kearah deteksi dini agar masyarakat mengetahui potensi atau risiko penyakit yang dideritanya sehingga standar kualitas kesehatan di Kabupaten Trenggalek semakin baik.” Ujar Bupati muda yang kerap disapa Gus Ipin ini.

Tak ketinggalan, Bupati Trenggalek juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam setiap beraktivitas. Terlebih di bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Dalam kesempatan tersebut, Forkopimda menyerahkan tali asih kepada masyarakat yang sudah ikut berpartisipasi mewujudkan masyarakat sehat, negara kuat dengan slogan jaga diri, jaga keluarga, jaga negara.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P, M.I.Pol., Kepala dinas kesehatan Trenggalek dr. Saeroni, Kasat Binmas Polres Trenggalek AKP Moch Sholicin ,S.H., Muspika Pogalan, Kepala Puskesmas Pogalan, Urdokkes Polres Trenggalek, Kepala desa se Kecamatan Pogalan serta puluhan warga setempat yang akan diperiksa kesehatannya.