Bhabinkamtibmas Polsek Bendungan Dikerahkan, Sosialisasikan Ketentuan Idul Fitri dalam Suasana Pandemi

Polres Trenggalek – Menghadapi perayaan Idul Fitri yang tinggal menghitung hari, Kepolisian Sektor Bendungan terus mengintensifkan pendekatan kepada tokoh agama maupun kepada segenap elemen masyarakat.

Bukan tanpa sebab, upaya itu ditempuh sebagai langkah cepat terkait upaya pencegahan penularan Covid-19 pada saat salat Idul Fitri nanti.

Seperti yang dilakukan hari ini, seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Bendungan dikerahkan untuk mensosialisasikan ketentuan pelaksanaan Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19, Selasa (11/5/2021).

“Hari ini seluruh Bhabinkamtibmas saya perintahkan turun ke desa untuk melakukan koordinasi sekaligus sosialisasi kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat tentang pelaksanaan salat Idul Fitri dalam suasana pandemi Covid-19. Ini atensi pimpinan sekaligus tindak lanjut SE Bupati Trenggalek Nomor : 451/426/406.001.2/2021,” tegas Kapolsek Bendungan, AKP Bambang Purwanto, S.H.,M.H.

Ia melanjutkan, selain memberikan penekanan tentang pelaksanaan perayaan Idul Fitri, para Bhabinkamtibmas juga menyampaikan larangan takbir keliling.

“Masyarakat dilarang melakukan takbir keliling, cukup dilakukan di masjid atau musala yang dilaksanakan secara terbatas maksimal 10% dari kapasitas ruang dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” tambahnya.

Masih kata AKP Bambang, selain penekanan di atas, pihaknya juga melakukan pendataan jumlah masjid/musala termasuk estimasi jamaahnya sehingga tak sampai menimbulkan kerumunan saat pelaksanaan salat Idul Fitri.

“Rekan-rekan Bhabinkamtibmas juga mendata jumlah masjid/musala termasuk estimasi jumlah jamaah yang ada sehingga bisa dipetakan guna mencegah kerumunan,” tutur AKP Bambang.

Terlepas dari itu semua, ia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap patuh dan turut mendukung kebijakan pemerintah demi kebaikan dan keselamatan bersama.