Jajana Takjil di Padati Pembeli, Petugas Patroli Antisipasi Kerawanan Jelang Buka Puasa

Polres Trenggalek – Tradisi ngabuburit sudah menjadi adat turun temurun yang dilakukan masyarakat pada umumnya, Sambil menunggu datangnya waktu berbuka puasa. Kebanyakan masyarakat mengisinya dengan melakukan Ngabuburit. Polsek Karangan Polres Trenggalek, menerjunkan sejumlah anggotanya melakukan pemantauan dan patroli dalam rangka physical distancing di jalan raya Karangan – Trenggalek dan tempat berkumpulnya warga untuk membeli jajanan takjil. Selasa (11/05/21).

Kegiatan patroli pemantauan menjelang berbuka puasa ini dipimpin Kanit Sabhara Polsek Karangan Aiptu Ary Muryadi. Pihaknya menyerukan imbauan agar masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan.“Dengan menerapkan pola 5M. Setelah beli makanan maupun minuman, mohon segera pulang. Di massa pandemi Covid-19 yang sampai dengan saat ini masih belum bisa dipastikan hilang,

Selain itu petugas Patroli Ngabuburit juga memberikan masker gratis kepada warga tidak memakai masker yang dijumpai saat patroli ngabuburit, serta mengingatkan sesuai anjuran pemerintah harus tetap di jalankan, saat bepergian, dan aktifitas apapun tetap pakai masker,”ungkap Aiptu Ari Muryadi.

“Sementara saat ini, dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat. menjelang buka puasa kami memantau ke lokasi penjualan takjil di wilayah kecamatan karangan, melakukan patroli Ngabuburit juga melakukan patroli kamtibmas. Alhamdulillah, masyarakat mengerti dan langsung pulang usai membeli kebutuhan berbuka puasa.,” tambahnya.

Sebelumnya, Kapolsek Karangan AKP Tri Basuki S.H. mengatakan, pihaknya telah memerintahkan seluruh anggotanya pada saat melaksanakan Piket Jaga, untuk memantau aktivitas warga yang ngabuburit, jalan-jalan menanti waktu berbuka puasa, selain itu juga memantau perkembangan situasi agar tetap kondusif, sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman saat beraktifitas.

“Kami sudah memerintahkan seluruh anggota, untuk melakukan pemantauan di titik-titik masyarakat yang melakukan ngabuburit. Agar melakukan imbauan pentingnya menjalankan protokol kesehatan ditengah pandemic Covid-19, yang saat ini masih belum dipastikan hilang” pungkas Aiptu Ari Muryadi.