Pendisiplinan Prokes di Wilayah Kampak, Petugas Bagi Masker Gratis dan Edukasikan 5M

Polres Trenggalek – Meskipun Bulan Puasa, tak menyurutkan semangat TNI Polri dan unsur terkait di Kecamatan Kampak untuk menggugah kedisiplinan prokes di masyarakat, melalui kegiatan positif seperti patroli jalan kaki, dialogis, pemberian masker gratis hingga pemberian sanksi bagi yang melanggar. Senin (10/5).
Kegiatan pendisiplinnan prokes yang dikemas melalui operasi yustisi ini difokuskan di area pasar induk, pasar agro dan jalur protokol Kampak.
“Tim Gabungan di Kecamatan Kampak terus melakukan penertiban sekaligus penegakan hukum kepada masyarakat yang melanggar protokol kesehatan. Hal tersebut dimaksudkan sebagai upaya ini untuk mendukung percepatan penanganan pencegahan Covid-19 di Kecamatan Kampak,” ujar Ipda Henri yang memimpin kegiatan tersebut.
“Upaya preemtif dan preventif sudah kami tingkatkan. Selanjutnya tinggal kesadaran masyarakat sendiri untuk melakukan disiplin prokes,” tandasnya.
Dengan berjalan kaki, di lokasi yang sama, tim terus melaksanakan pemantauan aktivitas jual beli di pasar induk/tradisional, selain cegah terjadinya kerumunan, petugas juga memberikan edukasi tentang pentingnya disiplin 5M dan pola hidup sehat termasuk pemberian masker secara gratis.
“Masyarakat terus kami edukasikan untuk menerapkan 5M yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas. Kami harapkan Pola 5M ini sudah menjadi gaya hidup utama dalam menghadapi pandemi covid-19 seperti sekarang ini,” pintanya.
Masih kata Ipda Henri, petugas tidak hanya melakukan pemantauan dan penindakan terhadap pelanggar protokol Kesehatan, namun tim juga menyampaikan pesan agar masyarakat tak melakukan mudik lebaran tahun ini. “Jangan mudik dulu tahun ini, tahan dulu, Ini demi kebaikan kita bersama, silaturahmi bisa melalui virtual tanpa mengurangi makna dan esensi Idulfitri,” tuturnya.