H-1 Lebaran, Kapolres Trenggalek dan Dandim 0806 Tinjau Pos Pengamanan Wisata Watulimo

Polres Trenggalek – Salah satu yang menjadi perhatian jajaran Kepolisian dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 yang tergabung dalam Operasi Ketupat Semeru 2021 adalah lokasi wisata. Libur lebaran yang telah dimulai sejak hari ini di prediksi akan berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan di beberapa lokasi wisata favorit di Kabupaten Trenggalek.

Kepolisian Resor Trenggalek telah mengambil langkah-langkah strategis guna mengantisipasi hal tersebut. Penebalan personel pengamanan hingga pendirian pos pengamanan khusus wisata yang berada di Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si saat meninjau pos pengamanan lebaran di Watulimo bersama dengan Komandan Kodim 0806 Trenggalek Letkol Arh Uun Samson Sugiharto, S.I.P., M.I.Pol. Rabu, (12/5).

“Seperti yang sering kita sampaikan, dalam pengamanan lebaran ini terdapat dua aspek yang menjadi concern kita bersama yakni aspek keamanan itu sendiri dan kesehatan untuk menekan laju penyebaran Covid-19” Ungkap AKBP Doni.

Personel Pos pengamanan yang merupakan petugas gabungan dari unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Dinkes dibantu Pramuka dan Mitra Polri tersebut tidak sebatas melakukan patroli atau pengamanan pada umumnya tetapai juga melakukan pengawasa ketat terkait penerapan protokol kesehatan terhadap para pengunjung lokasi wisata.

Hal ini sangat penting mengingat pengunjung bukan saja wisatawan lokal tetapi juga dari luar kota Trenggalek. Untuk itu pengawasan secara ketat sangat diperlukan khususnya penggunaan masker, penyediaan tempat cuci tangan hingga mencegah terjadinya kerumunan.

“Sebelum masuk lokasi wisata, tentu akan ada prosedur pemeriksaan yang harus dilalui. Sehingga kita benar-benar pastikan tentang keamanan dan kesehatannya” Imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan kunjungan di Pos pengaman tersebut AKBP Doni menuturkan, pihaknya bersama Dandim 0806 melakukan pengecekan kesiapan personel, sarana prasarana penunjang hingga mekanisme kerja yang dilakukan sesuai SOP yang telah ditetapkan.

“Sinergitas terus kita bangun agar situasi Kamtibmas selama lebaran berlangsung senantiasa kondusif.” Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres dan Dandim 0806 menyerahkan sejumlah bingkisan kepada para personel pos pengamanan sebagai penyemangat dan motivasi untuk tetap ikhlas dalam menjalan tugas.

“Tetap semangat, meskipun disuasana lebaran harus menunaikan tugas. Ini tugas mulia, ikhlas dan semoga di catat sebagai ibadah.” Pungkasnya.