Kapolres Trengggalek Turun Tangan Pimpin Penyekatan Pemudik

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. memimpim langsung kegiatan penyekatan mudik/balik lebaran tepatnya di pos pengamanan operasi Ketupat Semeru 2021 yang berada di anjungan cerdas area bendungan Nglinggis yang merupakan perbatasan Trenggalek-Ponorogoro. Jum`at, (14/5).

Dalam kegiatan yang diawali dengan apel gabungan bersama personel Polri, TNI, Satpol PP, Dishub dan Dinkes ini, AKBP Doni meminta agar seluruh petugas serius menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Iya betul, tepat pukul 24.00 Wib kita lakukan penyekatan serentak pada jalur perbatasan Kabupaten Trenggalek-Ponorogo dan Pacitan” Ujar AKBP Doni.

Penyekatan, lanjut AKBP Doni, dilakukan dengan selektif prioritas. Pengecualian diberikan kepada masyarakat berdasarkan faktor emergeni seperti kedukaan, orang yang sakit keras, ASN yang dilengkapi dengan surat tugas, dan dilengkapi dengan surat rapid tets antigen atau bebas Covid-19.

“Selain pemeriksaan kendaraan yang keluar dan masuk wilayah termasuk surat – surat, identitas dan, persyaratan perjalanan di masa Pandemi Covid 19, petugas juga melakukan Rapid anti gen secara random kepada sejumlah pengemudi dan penumpang.” Ucap AKBP Doni.

“Kedepankan preventif humanis” Imbuhnya

Dari hasil penyekatan tersebut, petugas gabungan terpaksa memutar balik empat kendaraan penumpang ke daerah asal lantaran tidak bisa menunjukkan dokumen yang telah disyaratkan. Sedangkan terhadap sejumlah yang dilakukan rapid test antigen menunjukkan hasil non reaktif.