Dirlantas Polda Jatim Tinjau Pos Penyekatan di Perbatasan Trenggalek-Ponorogo

Polres Trenggalek – Tim Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim meninjau pos pengamanan dan penyekatan operasi Ketupat Semeru 2021 tepatnya di anjungan cerdas bendungan Nglinggis di perbatasan Trenggalek-Ponorogo. Minggu, (16/5).

Rombongan yang dipimpin oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman, S.I.K., M.Hum. didampingi Kapolres Ponorogo AKBP Mochamad Nur Aziz, S.H., S.I.K., M.Si. ini disambut hangat oleh Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H bersama beberapa pejabat utama Polres Trenggalek.

Kehadiran rombongan ini untuk melihat secara langsung proses pengamanan dan penyekatan yang dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek dalam rangka mengantisipasi arus balik hari raya Idul Fitri 1442 H.

Dalam kunjungan tersebut selaian mengecek kesiapan personel dan saran-prasarana penunjang lainnya, Kombes Pol Latif Usman menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah petugas pos penyekatan terkait dengan administrasi maupun kendala dan hambatan yang dihadapi para petugas.

Bukan itu saja, pihaknya juga memberikan motivasi agar para petugas tetap semangat dan ikhlas dalam menjalankan tugas mulia ini. Menurutnya, disaat masyarakat bisa berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara di suasana lebaran, para petugas ini justru harus berjibaku memberikan rasa aman kepada masyarkat yang merayakan lebaran.

Lebih lanjut Dirlantas mengungkapkan dari 9 pos antar provinsi dan 20 pos antar rayon, pihaknya telah melakukan pengaturan pola arus transportasi utamanya aktivitas masyarakat yang masuk ke wilayah Jawa Timur.

Pihaknya menegaskan  telah memeriksa sedikitnya 250 ribu kendaraan. Sejumlah 45 ribu diantaranya telah diputar balikkan kembali ke daerah asal. Tak berhenti disitu, petugas juga melakukan sedikitnya tiga ribu anti gen dan didapati 21 diantaranya dinyatakan reaktif.

“Untuk saat ini kita memang fokus kegiatan masyarakat khususnya wisata.  Mereka harus menerapkan prokes. Polisi akan melakukan diskresi jika hal tersebut tidak dilaksanakan.” Ungkap Kombes Pol Latif Usman

Terkait dengan proses pengamanan dan penyekatan yang telah tergelar oleh jajaran Polres Trenggalek, Pihaknya memberikan apresiasi atas kerja keras dan upaya yang telah dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek sehingga Kamseltibcarlantas tetap kondusif dan pencegahan pemudik lebaran dapat berjalan optimal.

“Saya nilai semua sudah berjalan dengan baik. Terima kasih dan apresiasi untuk seluruh petugas Pos pengamanan dan penyekatan. Tetap semangat dan jaga kesehatan.” Ujar Kombes Pol Latif Usman.

Sementara itu, Kompol Mujito menegaskan, dalam rangka mendukung operasi ketupat semeru 2021, Polres Trenggalek telah mendirikan tiga pos pengaman yakni pos Agropark, Durenan dan Watulimo. Sedangkan dua pos penyekatan berada di perbatasan Trenggalek-Ponorogo dan Pacitan.

“Perhatian kami tidak hanya soal Kamtibmas tetapi juga kesehatan khsusunya terkait dengan protokol kesehatan. Khusus pos penyekatan, selain pemeriksaan kendaraan dan kesehatan juga dilakukan rapit tes antigen. Beberapa kendaraan yang bertujuan mudik juga sudah kita minta putar balik.” Ujarnya.