Sinergitas Polres Trenggalek Bersama Rutan, Pengawasan Besuk dan Barang Titipan Saat Lebaran

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek turut ambil bagian dalam pengamanan perayaan lebaran di Rutan kelas IIB Kabupaten Trenggalek. Sejumlah kepolisian ini dikerahkan untuk membantu pengamanan dalam pemeriksaan pengunjung yang ingin besuk para Napi penghuni Rutan.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud sinergitas antara Kepolisian dengan pihak Rutan khususnya pelayanan dan pengamanan pada hari raya Idul Fitri 1442 H.

“Iya benar, kita tempatkan personel di Rutan Trenggalek untuk membantu proses pemeriksaan barang bawaan atau titipan dari para pembesuk.” Jelas AKBP Doni.

Penempatan petugas kepolisian itu sendiri sudah berjalan sejak hari pertama lebaran mengingat berdasarkan pengalaman dari tahun ke tahun setiap lebaran tiba jumlah pembesuk di Rutan mengalami peningkatan cukup signifikan.

Selain itu, pengetatan pemeriksaan baik orang maupun barang dilakukan sebagai langkah antisipasi dan kewaspadaan masuknya barang-barang berbahaya ataupun Narkoba kedalam Rutan serta mencegah timbulnya kerumanan yang berpotensi penyebaran Covid-19.

Sementara itu, perwira pengendali Iptu Munif yang juga menjabat sebagai Kasattahti mengatakan pemeriksaan dilakukan tidak hanya berupa barang tetapi juga makanan maupun minuman sesuai dengan SOP yang ada.

“Untuk pembesuk hari ini hanya ada 8 orang. Relatif berkurang dibandingan hari-hari sebelumnya yang mencapai belasan hingga puluhan orang.” Ujar Iptu Munif.

“Alhamdulillah, dari pemeriksaan tidak ditemukan barang-barang berbahaya maupun Narkoba. Kegiatan juga berlangsung aman dan kondusif serta mematuhi protokol kesehatan” Pungkasnya.