Catat, Mulai Hari Ini Seluruh Destinasi Wisata Trenggalek Kembali Ditutup Sementara

Polres Trenggalek – Setelah libur lebaran Pemerintah Kabupaten Trenggalek kembali menutup sementara seluruh destinasi wisata yang dikelola pemerintah dan swasta sebagaimana yang telah tertera dalam Keputusan Bupati Trenggalek Nomor : 556/671/406:025/2021 Tahun 2021 seiring dengan arahan Presiden Republik Indonesia dalam Rapat Terbatas tentang penanganan pandemi. Rabu (19/5).

Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek AKP Suyono S.H., M.Hum mengatakan bahwa untuk menyikapi hal tersebut serta wilayahnya merupakan destinasi wisata utama di Kabupaten Trenggalek, pihaknya telah menyiapkan seluruh perkuatan yang ada guna mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 yang masih menunjukkan tren kenaikan yang cukup signifikan.

“Betul, saat ini ditutup dulu sampai dengan batas waktu yang ditentukan kemudian guna pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19. Untuk mendukung hal tersebut, kami telah menyiapkan sejumlah personel yang nantinya akan ditempatkan di titik-titik rawan,” kata AKP Suyono.

Selama penutupan itu, lanjut AKP Suyono, setiap lokasi wisata akan mendapatkan pengawasan dan tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Watulimo yang melibatkan jajaran kepolisian, TNI dan instansi terkait lainnya. AKP Suyono pun menyebut kebijakan itu bisa diterima oleh para pelaku wisata.

“Sejauh ini (penutupan) tidak ada keluhan dari pihak pengelola wisata, karena pemberlakuan aturan ini untuk kepentingan bersama dalam mencegah penularan Covid-19,” lanjut AKP Suyono.

Selain tempat wisata, kegiatan hiburan seperti kesenian maupun budaya di setiap tempat termasuk dalam resepsi pernikahan tidak boleh dilaksanakan karena bisa mengundang kerumunan orang.

“Semua kegiatan seni budaya, termasuk dalam resepsi pernikahan itu tidak boleh, semua dilakukan untuk keselamatan kita bersama. Ayo jaga diri, jaga keluarga dan jaga negara,” pungkasnya.

Sebagai informasi, guna pencegahan dan pengendalian penyebaran Covid-19, Bupati Trenggalek telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 556/671/406:025/2021 Tahun 2021 tentang penutupan sementara seluruh destinasi wisata di Kabupaten Trenggalek.

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Presiden RI bahwa tempat wisata pada Kabupaten / Kota dengan zona penyebaran Covid-19 berwarna merah dan orange harus ditutup untuk menghindari penyebaran Covid-19. Untuk itu, mengingat Kabupaten Trenggalek masih termasuk zona orange penyebaran Covid-19, maka seluruh destinasi wisata ditutup sementara mulai hari Rabu tanggal 19 Mei 2021 sampai dengan batas waktu yang ditentukan kemudian.