Aparat gabungan Gelar Patroli Bersama di Hari Lebaran Ketupat

Polres Trenggalek – Untuk mengantisipasi penaikan balon udara di wilayah Pogalan, anggota Polsek Pogalan yang dipimpin Kapolsek Pogalan AKP Mokh Mahmudi, S.H., bersama Aparat gabungan dari Koramil melaksanakan patroli mobiling kepemukiman penduduk, Kamis (20/05/21).

Tradisi penaikan balon di hari raya ketupat merupakan tradisi masyarakat tahunan pada hari raya ketupat. Hal tersebut digunakan masyarakat untuk memeriahkan hari raya ketupat. Namun tradisi tersebut merupakan tradisi yang membahayakan. Berbahaya bagi jalur penerbangan maupun bisa menimbulkan kebakaran apabila balon tersebut jatuh di rumah atau diperkebunan.

Oleh karena itu untuk antisipasi penaikan balon udara di wilayah Pogalan, anggota Polsek Pogalan melaksanakan giat patroli mobiling ke pemukiman penduduk di hari raya ketupat.

Sementara Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek AKP Mokh Mahmudi, S.H. yang memimpin kegiatan patroli gabungan mengungkapkan jika di wilayah Kabupaten Trenggalek setiap hari raya idul fitri ke 7 (H+7) lebaran ada satu tradisi kupatan. Maka dari itu kami dari pihak Kepolisian bersama TNI Koramil, Satpol-PP Kecamatan siap sedia memberikan pengayoman agar tidak terjadi kerumunan masyarakat.

“Perlu diketahui bersama bahwasanya menaikkan balon udara tanpa tali kendali adalah sangat berbahaya dan bisa mengganggu lalu lintas udara serta jika mendarat dalam kondisi masih hidup sumbu apinya maka dapat mengakibatkan terjadinya kebakaran dan jika tersangkut di kabel listrik PLN akibatnya terjadi korsleting,” pungkas pak Mahmudi