Bahas Permasalahan Penanganan Covid dan Kegiatan Masyarakat Bersama Tiga Pilar

Polres Trenggalek- Pertemuan tiga pilar desa Jombok dalam membahas Kamtibmas dilaksanakan pada siang ini, Rabu ( 18/5 ). Dalam kegiatan tersebut adanya Kanit Binmas Polsek Pule Aipda Sunu, Babinsa Koramil 0806/10 Pule dan Kades Jombok Nursalem bahas perlunya adanya imbauan terkait prokes beserta aturanya berkaitan kemungkinan adanya kegiatan masyarakat setelah ini.

” Kita bersama-sama unsur tiga pilar dalam membahas situasi Kamtibmas terutama permasalahan penanganan Covid-19 paska perayaan lebaran ini. Intinya nanti warga harus tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar,” ucapnya.

Mobilitas, interaksi penduduk yang tinggi, keramaian kerumunan ini terbukti dalam riset studi epidemiologi terakhir menjadi pemicu ledakan-ledakan kasus perburukan pandemi di satu negara atau wilayah.

Meminimalisir adanya kegiatan masyarakat dengan melakukan pembatasan-pembatasan pada kegiatan masyarakat seperti kegiatan hajatan dan langen tayub disaat masih adanya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Mematuhi 5 M seperti yang kita ketahui Memakai Masker. Dengan penggunaan masker untuk memakai masker saat berada di luar rumah, atau ketika berkumpul bersama kerabat di mana pun berada.

Mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun secara berkala. Jika tak ada air dan sabun, Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman-kuman yang menempel.

Jika ada keperluan mendesak yang membuat Anda harus pergi ke luar rumah, ingatlah untuk menjaga jarak satu sama lain. Jarak yang dianjurkan adalah 1 hingga 2 meter dari orang sekitar Anda.

Agar warga menjauhi kerumunan saat berada di luar rumah. Ingat, semakin banyak dan sering Anda bertemu orang, kemungkinan terinfeksi corona bisa semakin tinggi.

Jika tidak ada keperluan yang mendesak, tetaplah berada di rumah. Meski sehat dan tidak ada gejala penyakit, belum tentu Anda pulang ke rumah dengan keadaan yang masih sama.