Tekankan Prokes, Satgas Covid-19 Desa Karangrejo Datangi Rumah Warga yang Akan Gelar Hajatan

Polres Trenggalek – Guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Desa Karangrejo, Satgas Covid-19 Desa Karangrejo datangi satu per satu kediaman beberapa warga setempat yang hendak mengadakan hajatan di masa pandemi Covid-19. Kamis (27/05).

Setidaknya ada 5 kediaman warga yang dikunjungi oleh Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo, Bripka Galih, bersama Babinsa Karangrejo Koptu Totok dan tim Satgas Desa. Kelima warga tersebut akan menggelar hajatan pernikahan di awal Juni bulan depan.

Bripka Galih bersama tim melakukan kunjungan pada satu persatu dari kelima warga tersebut dengan tujuan untuk menyambung tali silaturahmi sekaligus untuk menyampaikan imbauan dan penekanan agar kegiatan hajatan yang akan digelar oleh para warga tersebut dibuat sesuai dengan aturan yang telah diterbitkan pemerintah Kabupaten Trenggalek.

Bripka Galih mengatakan, “kami menyampaikan kepada segenap warga desa menyikapi situasi pandemi Covid-19 ini agar kegiatan hajatan dilaksanakan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan”, imbaunya.

Lebih lanjut, Bripka Galih juga menambahkan berdasarkan Surat Edaran Bupati Trenggalek bahwa seluruh kegiatan hajatan yang digelar oleh warga harus mematuhi protokol kesehatan 5M dan tidak memunculkan kerumunan warga. Selain itu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh warga, yaitu pengajuan rekomendasi izin penyelenggaraan hajatan dari instansi terkait.

“Apabila mengadakan hiburan harus mendapat surat rekom atau izin dari instansi terkait. Sesuai undang-undang yang berlaku hajatan akan dibubarkan apabila tidak mematuhi prokes”, tambah Bripka Galih.

Meskipun saat ini wilayah Desa Karangrejo telah menjadi zona hijau penularan Covid-19, tiga pilar dan Satgas desa berharap para warga dapat bergotong royong dan juga saling kooperatif untuk menjaga wilayah setempat agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19.