Dari Patroli hingga Sambang Desa, Bhabinkamtibmas saat Piket Ikut Serta

Polres Trenggalek – Dalam kebutuhan menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang mantap, anggota unit dari masing-masing fungsi Kepolisian di Polsek Dongko Polres Trenggalek ikut melakukan tugas piket jaga dibawah kendali Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (Ka Spkt).

Kemudian dalam pelaksanaan tugasnya para anggota unit dari masing-masing fungsi itu digerakkan dengan baik untuk melakukan cipta kondisi aman wilayah yang bertugas antara lain patroli juga sambang serta hadir di tengah kegiatan masyarakat.

Diambilkan contoh ketika anggota Bhabinkamtibmas ikut melakukan tugas piket jaga, mereka sangat menonjol karena berperan ganda diantaranya sebagai satu karakter petugas Kepolisian yang berguna untuk menjalankan patroli juga sambang ke desa untuk mengetahui kondisi wilayah binaan bersama anggota lainnya dan datang ke satu titik desa tidak datang sendirian, melainkan bersama dengan petugas patroli sabhara. Sehingga lebih berkesan kompak dalam bertugas.

Seperti terpantau kali ini dari kegiatan patroli yang dikendalikan Ka Spkt Aiptu Edi Purwanto dan kemudian dilanjutkan sambang bersama anggota piket Bhabinkamtibmas desa Petung Bripka Amron Dwi Laksono dan Bhabinkamtibmas Watugagung Fajar Yoyok Pujiono yang melakukan silaturahmi ke rumah salah satu warga desa Watuagung Kecamatan Dongko.

Dijelaskan oleh Kapolsek Dongko AKP Rohadi,S.H., yang mengulas terkait tugas pokok Bhabinkamtibmas sebenarnya sebagaimana dimaksud dalam Perkap No 3 Tahun 2015 yakni bertugas melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif serta fungsinya adalah melaksanakan kunjungan/sambang kepada masyarakat untuk mendengarkan keluhan warga masyarakat tentang permasalahan Kamtibmas dan memberikan penjelasan serta penyelesaiannya, memelihara hubungan silaturahmi/persaudaraan.

“Atas peranan dari tugas pokok dan fungsi Bhabinkamtibmas itulah, saat mereka ikut melakukan tugas piket jaga maka wajib ikut serta menjalankan peranan sebagaimana mustinya. Sehingga situasi kamtibmas wilayah senantiasa aman kondusif.” Jelasnya.

Kemudian ketika ada kegiatan masyarakat di Desa binaan bhabinkamtibmas juga hadir. Sehingga peranan tugas Bhabinkamtibmas ini superior sekali. Pungkas Kapolsek Dongko.