Anda Perlu Tahu Hari Lahir Pancasila Pada 1 Juni 1945

Polres Trenggalek – Tanggal 1 Juni 2021 kemarin yang jatuh pada hari selada merupakan peringatan hari lahirnya pancasila. Hal itu dikatakan petugas patroli kepada warga yang mana pada hari selasa kemarin juga terlihat bendera merah putih terpasang di depan rumah-rumah warga. Selasa ( 1/6 ).

” Kenapa bendera berkibar di depan rumah-rumah warga untuk menjawab pertanyaan itu adanya peringatan hari lahirnya pancasila pada 1 Juni 1945 dan tetap sebagai dasar negara sampai saat ini sehingga untuk menghormati hari keramat bagi bangsa indonesia,” ucapnya.

Burung Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia. Garuda Pancasila memiliki tiga komponen utama yaitu Burung Garuda, perisai, dan pita putih.
Pada tulisan kali ini detik akan membahas mengenai jumlah bulu Burung Garuda dan maknanya.

Dilansir situs Kementerian Luar Negeri, Burung Garuda memiliki makna kekuatan. Warna emas pada burung Garuda berarti kemuliaan.

Sedangkan perisai di tengah berarti pertahanan dan simbol di dalam perisainya berarti ajaran Pancasila, yaitu:

1. Bintang melambangkan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Rantai melambangkan prinsip Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Pohon Beringin melambangkan prinsip Persatuan Indonesia

4. Kepala Banteng melambangkan prinsip Demokrasi yang Dipimpin oleh Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

5. Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial bagi Rakyat Seluruh dari Indonesia

Jumlah bulu pada Burung Garuda dan Maknanya dikutip situs Kabupaten Bogor:

1. Jumlah bulu burung Garuda Pancasila pada bagian sayap yaitu 17. Makanya memiliki arti hari lahir atau hari kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu 17.

2. Jumlah bulu burung Garuda pada bagian ekor yaitu 8. Angka 8 memiliki makna bulan kemerdekaan negara Indonesia yaitu bulan Agustus.

3. Jumlah bulu burung Garuda pada bagian pangkal ekor atau di perisai berjumlah 19 dan di lehernya berjumlah 45. Hal tersebut memiliki makna tahun kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu tahun 1945.

Selain jumlah bulu burung Garuda, kepala burung Garuda yang menoleh ke kanan juga memiliki makna. Menoleh ke kanan memiliki makna melihat ke arah yang benar. Arah kanan dianggap sebagai arah yang baik. Oleh karena itu kepala burung Garuda mengarah ke kanan.

Sayap burung Garuda yang membentang lebar menandakan siap terbang menyusuri angkasa. Sayap yang lebar menandakan dinamika dan semangat tinggi untuk menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara Indonesia.

Burung Garuda juga terlihat mencengkeram sebuah gulungan bertuliskan moto negara Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Arti Bhinneka Tunggal Ika yakni kesatuan dalam keberagaman, meskipun berbeda, namun tetap satu atau berbeda-beda tetapi tetap bersatu jua.

Demikianlah penjelasan mengenai jumlah bulu burung garuda dan maknanya. Jangan sampai salah hitung ya.