Dialogis Petugas Patroli Polsek Dongko Dekatkan Kamtibmas sebagai Kebutuhan

 

Polres Trenggalek – Ka Spkt Polsek Dongko Polres Trenggalek Aiptu Edi Purwanto mengendalikan anggota untuk melaksanakan patroli di wilayah hukum guna pantau situasi sekaligus memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

Dari pelaksanaan patroli harkamtibmas tersebut berada di kawasan pertokoan pasar Dongko. Dan selain lakukan pemantauan situasi kamtibmas disana itu tampak Ka Spkt Polsek Dongko juga menggiatkan dialogis dan bincang ringan guna mendekatkan kamtibmas sebagai kebutuhan bersama dengan salah satu pembeli di pertokoan itu.

Kepada tim ini Aiptu Edi Purwanto mengatakan jika patroli dialogis itu merupakan usaha untuk membangun kebersamaan dan membangkitkan kepedulian masyarakat dalam mencegah berbagai macam bentuk gangguan kamtibmas sekaligus memberikan dorongan kepada mereka agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran covid-19.

“Dialogis kami adalah untuk mengajak masyarakat untuk ikut berperan dalam memelihara kamtibmas juga dengan penuh kesadaran membantu tugas kepolisian demi menciptakan situasi yang aman kondusif sekaligus memberikan dorongan kepada mereka agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran covid-19,” ucap Ka Spkt Polsek Dongko.

Sementara ditempat terpisah Kapolsek Dongko Polres Trenggalek AKP Rohadi,S.H., mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan tugas patroli sekaligus dialogis tersebut dapat membuat pelaksanaan tugas mobiling kita menjadi lebih luwes. Dan juga dengan dialogis ini maka peran kami sebagai pelindung, pengayom dapat lebih dirasakan sehingga tercipta suatu sinergi harmonis.

“Patroli pantau situasi dan dialogis ini kehadiran kami ditengah masyarakat menjadi lebih luwes. Dan juga dengan dialogis ini maka peran kami sebagai pelindung, pengayom dapat lebih dirasakan dengan harapan tercipta suatu sinergi harmonis serta menambah pertemanan,” ungkapnya.

Kemudian pelaksanaan patroli sekaligus dialogis dengan masyarakat itu dapat memiliki arti yang bersifat dua arah yakni preemtif dan preventif. Yang paling utama dari dialogis itu kita bisa mendengar keluh kesah masyarakat terkait kamtibmas, selain itu kita (Polisi) bisa lebih mendekatkan diri dengan masyarakat dan juga menjalin kemitraan sangat efektif dalam menciptakan situasi kamtibmas yang mantap. Pungkas AKP Rohadi.