Prokes Pada Hajatan Diterapkan Guna Cegah Penyebaran Virus COVID-19

Polres Trenggalek – Siang ini saat salah satu warga Dusun Suwaru Desa Krandegan melaksanakan hajatan akad nikah dan besanan, Satgas Covid Desa bersama tiga pilar Desa Krandegan juga nampak hadir untuk mengarahkan kegiatan hajatan agar selalu menerapkan protokol kesehatan. Rabu (02/06)

Ini merupakan upaya Satgas Covid Desa Krandegan bersama tiga pilar dalam mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 saat gelaran perayaan pernikahan warga dengan diwujudkan dalam pendampingan dan pengawasan pelaksanaan hajatan agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan.

Aipda Suyanto selaku Bhabinkamtibmas Desa Krandegan yang ikut dalam kegiatan tersebut senantiasa mengingatkan undangan yang hadir agar selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun serta membatasi jumlah tamu di dalam rumah atau masuk dengan bergantian.

“Sebelumnya tuan rumah sudah kita arahkan agar tidak mengundang tetangga luas, cukup sanak saudara saja agar yang hadir tidak banyak sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Covid 19,” ujar Aipda Suyanto.

Lebih lanjut keberadaanya bersama Satgas Covid Desa Krandegan ini tidak hanya mengarahkan dan mengawasi tapi juga melakukan pelayanan kepada tamu yaitu mengecek suhu tubuh dengan menggunakan thermogun serta membagikan masker bagi yang belum menggunakannya.

“Ini merupakan upaya kita dalam mencegah penyebaran virus Corona di desa Krandegan, ada kerja nyata seperti ini tidak mudah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan penerapan protokol kesehatan dalam giat hajatan,” imbuhnya.

Bhabinkamtibmas Desa Krandegan tersebut mengungkapkan meskipun Pemerintah Kabupaten Trenggalek saat ini masih mengijinkan masyarakat untuk menggelar hajatan pernikahan, namun kegiatannya tetap dibatasi serta harus menjamin bahwa acara yang mereka gelar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Saat ini kita masih belum terbebas dari Pandemi Covid-19, oleh karena itu marilah kita sama-sama bersinergi untuk ikut aktif mencegah dan menekan angka penularan Covid-19. Mari kita bangun kesadaran diri untuk patuhi protokol kesehatan saat beraktivitas dimanapun seperti halnya perayaan hajatan pernikahan. Sehingga diharapkan tidak akan muncul klaster penyebaran virus dalam hajatan yang digelar” pungkasnya.