Bersama Forkopimcam, Bripka Alfiah Turut Serta Tinjau Pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas SDN

Polres Trenggalek – Memasuki bulan Juni merupakan masa-masa penyelenggaraan penilaian akhir semester genap dan juga pelaksanaan ujian kenaikan kelas. Satgas Covid-19 Kabupaten Trenggalek telah menerbitkan surat rekomendasi penyelenggaraan ujian secara luring atau luar jaringan dengan mendatangkan para siswa ke sekolah melalui Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Trenggalek.

Begitu juga dengan seluruh Sekolah Dasar Negeri yang berada di wilayah Kabupaten Trenggalek, saat ini telah memulai pelaksanaan ujian kenaikan kelas atau ujian akhir semester genap secara tatap muka dengan protokol kesehatan ketat di sekolah masing-masing. Mengingat bahwa pandemi saat ini masih belum berakhir, dan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah Kecamatan Kampak yang diwakili oleh Kasi Trantib Kecamatan Kampak Drs. Maulani bersama Pelda Suryadi Batuud Koramil Kampak dan Bripka Alfiyah,S.H Bhabinkamtibmas Polsek Kampak dan pengawas SDN meninjau pelaksanaan Ujian kenaikan kelas tahun ajaran 2020 – 2021 di tiga SDN yang berada di wilayah Kampak. Rabu (03/06).

Berdasarkan Surat Rekomendasi Sekertaris Daerah Kabupaten Trenggalek nomor 360/11/406.029/2021 tanggal 28 Mei 2021 tentang pelaksanaan ujian kenaikan kelas semester genap sekolah SD dan SMP, Forkopimcam dan tim melakukan kontrol pelaksanaan kegiatan ujian siswa SDN 1 Bendoagung,SDN 1 Sugihan, dan juga SDN 1 Senden.

Dalam kesempatan tersebut, Bripka Alfiyah dan tim melakukan kontrol pelaksanaan ujian dengan mengecek tiap ruangan yang akan digunakan siswa guna memastikan bahwa pengaturan jumlah tempat duduk siswa telah sesuai dengan prosedur prokes pencegahan Covid-19.

Bripka Alfiyah menuturkan, “tiap ruangan ujian hanya boleh menampung siswa dengan jumlah tidak lebih dari 15 siswa, dan jarak antar tempat duduk juga harus ditata dengan jarak yang aman,” terangnya.

“Dari yang kami pantau, untuk mencegah kerumunan, ketiga SDN tersebut menerapkan sistem ujian secara bergelombang, gelombang I pukul 07.00 sd 08.30 Wib dan gelombang II pukul 08.30 S/d 10.00 Wib”, imbuhnya.

Lebih lanjut, Bripka Alfiyah juga memberikan imbauan patuh protokol kesehatan kepada para guru dan siswa di ketiga SDN teserbut.

“Kami mengimbau kegiatan ujian harus dilaksanakan sesuai anjuran pemerintah, yaitu patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan lain-lain. Dengan begitu diharapkan tidak akan terjadi penularan Covid-19 di lembaga pendidikan saat penyelenggaraan ujian seperti ini”, pungkas Bripka Alfiyah.