Kegiatan Sinergitas, Pendampingan Penanaman Jahe Merah

Polres Trenggalek – AKP Sardono bersama unsur Muspika Pule dampingi kegiatan Penanaman Jahe Perdana dan Temu Bisnis Bupati Trenggalek,  Bapenas dan Kompak di wilayah Pule, itu pada hari kemarin. Kamis ( 3/6 ).

Kegiatan penanaman jahe di dua lokasi dimulai 11.30 Wib sampai dengan 13.30 wib. Penanaman jahe di dua lahan yang pertama Lahan Jahe Milik Hari alamat ( Rt/2 ), (Rw/2 ) Dusun Krajan Desa Pule dan Rumah Produksi BUMDesma Saribumi Desa Pule  Kecamatan Pule.

Hasil pantauan, kegiatan penanaman jahe di wilayah pule juga dihadiri H. M. Nur Arifin Bupati Trenggalek, Ahmad Dading Gunadi Direktur Pengembangan Koperasi dan UKM, Bappenas, Annisa Direktorat Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan masyarakat, Ari Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok, Kementerian Koperasi, Siti Alfi Sarah  Deputi Bidang Mikro, Kementerian Koperasi, Muklis Ali Kompak Manajer PROV. Jatim, Daru Wibowo  Bintang Toedjoe, Andreas Sanjaya CEO I Grow, Ir Mulyono MH Camat Pule, Kapten Inf Panut Danramil 0806/10 Pule, AKP Sardono ,S.H. Kapolsek Pule, Dr. Bambang Kepala Puskesmas Pule, Perwakilan Kades Wil Kecamatan Pule, Perwakilan Ketua BPD Wil Kec. Pule, Ketua Bumdesma Saribumi beserta perwakilan,  Ketua Gapoktan Wil Kec. Pule, Slamet Widodo SE Pendamping Ds. Pemberdayaan dan Tamu undangan.

Kegiatan temu bisnis dan berbagi pengetahuan praktik baik untuk keberlanjutan pendekatan keperantaraan pada program Pemda Kabupaten Trengggalek dimulai dengan penanaman jahe merah perdana secara simbolis oleh Bupati Trenggalek beserta rombongan dilanjutkan pers rilis.

Seremoni penyerahan perjanjian kerjasama pengadaaan dan pembelian simplisia jahe merah antara Koperasi Karyawan PT Bintang Toedjoe dan PT. Sari Bumi Niaga (BUMDESMA) disaksikan oleh Bupati Trenggalek, Bappenas dan KOMPAK.

Bumdesma Sari Bumi Sepakati Kerjasama dengan PT. Bintang Toejoe untuk Kembangkan Jahe Merah bersepakat melakukan kerjasama kembangkan komoditas Jahe Merah di Kecamatan Pule.

Pengembangan Koperasi  dan UMKM Bapenas, Ahmad Dading Gunadi dan beberapa orang terkait, diharapkan kerjasama yang dijalin ini bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

Janggelan menjadi komoditas pertanian unggulan, kini emas hijau (Jahe Merah) coba dikembangkan menjadi komoditas unggulan lain yang akan dikembangkan. Apalagi kerjasama dengan perusahan besar yang bergerak di sektor jamu tradisional terjalin.

Kabar ini menjadi angin segar bagi para petani Jahe di Kecamtan Pule, dengan kerjasama ini para petani tidak lagi kesulitan menjual hasil panennya.

kerjasama yang terjalin bisa dirasakan oleh semua petani. “Ini ikhtiar kita untuk mengangkat perekonomian di Kecamatan Pule. Sempat kita terangkat dengan Janggelan, kini ada lagi emas hijau (Jahe Merah) yang bisa kita optimalkan untuk mengangkat perekonomian masyarakat.

Hubungan kerjasama dengan Bintang Tojoe ini tidak hanya sekedar hubungan antara penjual dan pembeli saja, melainkan ada kelembagaan yang baik, pendampingan sehingga kualitas jahe yang diproduksi bisa terjaga.

Portofolio bisnis yang bisa dikerjakan, seperti penanaman Jahe terus mengolah Jahe sampai proses simplisia dan masih banyak portofolio usaha yang lain.

” Kita dampingi kegiatan bupati trenggalek dengan unsur terkait kecamatan, kegiatan berjalan aman dan kondusif,” ucap AKP Sardono.