10 Warga Desa Karangrejo Memperoleh BLT-DD Tahap IV

Polres Trenggalek – Bhabinkamtibmas selain mengemban tugas sebagai pembina keamanan dan ketertiban masyarakat, anggota Polri ini juga bertugas melakukan pengawasan terhadap setiap penggunaan anggaran dana desa di wilayah desa binaannya masing-masing.

Seperti halnya Bhabinkamtibmas desa Karangrejo Kampak Bripka Galih yang turut hadir di Balai Desa Karangrejo bersama Babinsa dan Kepala Desa Karangrejo untuk mengawal kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap IV bulan April tahun 2021 untuk warga kurang mampu maupun warga yang terdampak Covid-19 di Desa Karangrejo Kecamatan Kampak. Jumat (4/06).

Dikonfirmasi usai kegiatan tersebut, Bripka Galih mengatakan sebagai Bhabinkamtibmas, pihaknya berkewajiban untuk mengawasai penggunaan anggaran Dana Desa dan memastikan tidak ada pihak-pihak tertentu yang melakukan penyelewengan penggunaan dana tersebut.

“Pendampingan sekaligus pengawasan ini dilakukan untuk memastikan giat penyaluran BLT-DD berjalan aman dan lancar serta tepat sasaran. Selain itu pendampingan juga dilakukan untuk memastikan bahwa petugas maupun masyarakat yang hadir telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik,” ucap Bripka Galih.

Bripka Galih menjelaskan bantuan BLT-DD tahap IV ini diberikan kepada 10 warga Karangrejo yang kurang mampu dan yang perekonomiannya terdampak oleh pandemi Covid-19. Diharapkan bantuan sosial berupa uang tunai sebesar Rp. 300.000 ini dapat membantu meringankan beban masyarakat penerima untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

“Terdapat 10 orang warga Karangrejo yang mendapatkan bantuan BLT-DD tahap IV ini, dengan masing-masing orang menerima uang tunai sebesar Rp. 300.000. Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta masyarakat dan petugas juga telah mematuhi protokol kesehatan,” terang Galih.

Sementara itu, Kapolsek Kampak Iptu Andi Salbi, Amd.Kep., S.H. yang ditemui oleh tim redaksi di tempat yang berbeda membenarkan bahwa Bhabinkamtibmas di desa binaan juga melakukan pengamanan dan pendampingan penyaluran BLT-DD.

“Bhabinkamtibmas turun langsung di lapangan melakukan pendampingan dan pengawasan dengan maksud untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak ada pelanggaran protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Selain itu, diharapkan bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu di tengah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini,” tutup Kapolsek.