Kapolsek Dongko : Jiwa Peduli Pelayan Kamtibmas

 

Polres Trenggalek – Seorang pemimpin tidak hanya berfokus untuk dirinya sendiri dan selamanya dirinya menjadi pemimpin. Namun, seorang pemimpin yang baik ingin menciptakan generasi pemimpin yang lebih baik dari dirinya.

Harus disadari bahwa menjadi pemimpin itu ada batas tertentu, serta setiap orang mempunyai hak untuk menjadi pemimpin. Yang terpenting adalah bukan siapa yang menjadi pemimpin, namun apa yang dihasilkan berkat seorang pemimpin.

Kepemimpinan bukanlah sekedar posisi tertinggi atau kekuasaan. Seorang pemimpin yang bijaksana seharusnya membantu dan mendahulukan para bawahan untuk mencapai tujuan bersama. Bukan untuk membuat orang lain patuh kepada keinginan sendiri.

Demikianlah yang diajarkan Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki,S.H, sikap kepedulian seorang pemimpin harus ditunjukkan kepada siapa saja, baik kepada bawahan maupun kepada masyarakat.
Seperti saat terjadi iring-iringan dan timbul kemacetan dalam kegiatan Pawai Bhineka atau karnaval dalam rangka peringatan HUT RI ke 72, hari ini Senin 21/08/2017. Disaat anggota yang lain sibuk melaksanakan pengaturan arus lalulintas, tampak Kapolsek Dongko AKP Tri Basuki,S.H., tidak hanya berpangku tangan namun memberikan bantuan sewaktu ada mobil yang jalan menanjak di depan Markas Komando Polsek Dongko, AKP Tri Basuki langsung tergerak untuk menolong serta mengganjal roda belakang dengan menggunakan batu agar tidak tergelincir dan menimpa kendaraan dibelakangnya kemudian  mendorongnya dibantu dengan penonton karnaval.

AKP Tri Basuki saat dikonfirmasi menuturkan menjadi seorang pemimpin janganlah hanya berpangku tangan namun harus
memiliki jiwa peduli terhadap sesama, karena hal itu sangat penting bagi setiap orang dan kita tidak bisa hidup sendirian di dunia ini, ucapnya.

” Peduli yang dimaksud bukanlah untuk mencampuri urusan orang lain, akan tetapi lebih pada membantu menyelesaikan permasalahan yang di hadapi orang lain ” Pungkasnya.

(Sihumas Polsek Dongko)