Hormati Adat Warga Pesisir Pantai, Polisi Iringi Arak Arakan Tumpeng Agung

Polres Trenggalek – Adat kebudayaan adalah warisan leluhur yang penuh dengan ajaran budi pekerti yang baik demi kelangsungan kehidupan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Seperti budaya masyarakat Kecamatan Munjungan yang disebut dengan Adat Longkangan sudah sejak dulu kala diperingati oleh lapisan masyarakat dalam mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. Dengan rangkaian upacara adat yang arak arakan simbul tumpeng agung yang menandakan sebuah kemakmuran daerah, Bupati Trenggalek Emil Estuanto Dardak turut hadir mengiringi menuju pantai Blado Munjungan. (rabu 23/8/17)

Kemerihan rangakaian adat Longkangan juga dihadiri pula oleh para pejabat Forpimda Kabupaten Trenggalek. Wakil Kepala Kepolisian Resort Trenggalek Kompol Andi menyaksikan pula budaya masyarakat pesisir selatan pulau jawa yang setiap tahun dijadikan agenda rutin. “Kedamaian kerukunan masyarakat sangat nampak sekali, sehingga hal ini dapat dijadikan modal terpeliharanya kamtibmas yang konduaif” ujar Kompol Andi.

AKP Totok Sudarto Kapolsek Munjungan Polres Trenggalek kendalikan langsung pengamanan dilapangan yang melibatkan separuh lebih kekuatan personil yang ada. Sehingga kegiatan budaya kearifan lokal masyarakat ini berlangsung lancar tertib dan sesuai agenda acara yang direncanakan. (red/is)