Orang di Duga Gangguan Saraf Membuat Ulah di Warung ” Surti “

Polres Trenggalek – Rabu (23/8), warung bertempat di jalur jalan raya Pule – Jombok cukup ramai, terlihat beberapa orang di depan warung Surti, ramainya kerumunan warga ini dikarenakan keberadaan orang yang menurut kabar  warga Desa Tanggaran sebut saja MR, umur 48 th yang kemarin malam sempat bertemu dengan anggota patroli Polsek Pule Polres Trenggalek.

Saat personel dari petugas jaga datang di warung Surti, MR  terlihat duduk di lantai untuk lesehan dengan di depanya berceceran tissu hasil perbuatanya. Aiptu Yanik menyapa dengan berhati -hati untuk diajak berkomunikasi, dalam berbicara sekali waktu mimiknya berubah dan menyuruh untuk meninggalkan dia disitu. Komunikasi berjalan lama dalam mengendalikan aksi orang ini, butuh kesabaran dan kehati -hatian petugas dalam menanganinya. Dalam pengupayaan jangan sampai merasa marah, akan tetapi dalam mengendalikanya bisa pada final tidak menimbulkan gangguan.

Kapolsek Pule Polres Trenggalek Iptu Suraji,SH,MH turut menenangkan agar tidak mengamuk, yang berakibat memberikan perasaan takut kepada pengunjung yang akan datang ke warung Surti. Kemudian dengan tingkahnya MR keluar warung dan bergaya aneh setelah melakukan dialogis, dengan seakan akan mengumpulkan energi dengan mulut komat kamit  seperti layaknya dukun. Aksinya terus dipantau personel dengan menunggu dari petugas Puskesmas Pule, untuk memberikan obat penenang kepadanya.

Jiyat salah satu petugas kesehatan ODGJ Puskesmas, datang dan berkomunikasi dengan MR. Sesekali dia mengenal petugas dari Puskesmas Ini, akan tetapi sempat memanas dan saat tertentu juga lancar dan koperatif dalam komunikasi. Dari petugas Puskesmas Pule mengajaknya untuk disuntik, akan tetapi MR menolak dan mengancam akan memukul dan menendang bila memaksanya. Dengan di bantu personel Polsek Pule Polres Trenggalek yang di pimpin Kapolsek, mempersilahkan MR duduk dan di pegangi beberapa personel lainnya dan penyuntikan bisa dilakukan.

“Akhirnya kita bawa ke RS Dr Soedomo Trenggalek untuk perawatan dirinya, dengan diikuti Bhabinkamtibmasnya Bripka Andik Iswahyudi. Selain itu juga didampingi dari pihak keluarga, dengan mobil strada Polsek Pule Polres Trenggalek untuk mengantar sekarang dalam perjalanan. Nanti apabila ada perkembangan lain kita sampaikan melalui bhabinkamtibmasnya, ” Kata Iptu Suraji membenarkan adanya penanganan ODGJ.