Patroli Dialogis Sebagai Bentuk Pencegahan Kriminalitas

Polres Trenggalek – Untuk menciptakan Harkamtibmas tetap aman diwilayah Durenan, anggota patroli Polsek Durenan Polres Trenggalek dibawah kendali Waka Polsek Durenan melaksanakan patroli dialogis antisipasi 3C (Curas, Curat dan Curanmor) diwilayah hukum Polsek Durenan untuk menciptakan suasana aman dan nyaman, Rabu (23/08).

Patroli untuk menciptakan rasa aman, Patroli Sabhara Polsek Durenan Polres Trenggalek melaksanakan patroli Obyek Vital, Perbankkan, Pertokoan, Terminal, pasar serta kawasan penduduk serta melaksanakan patroli dialogis yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kriminalitas dan menciptakan kondisi yang kondusif.

Waka Polsek Durenan Ipda Kusnun menerangkan pada dasarnya, pencegahan kejahatan tidak memiliki definisi baku, namun inti dari pencegahan kejahatan adalah untuk menghilangkan atau mengurangi kesempatan terjadinya kejahatan.

“ salah satu tujuan dilaksanakan patroli dialogis antara lain untuk meningkatkan keamanan, dan kehadiran polisi yang berseragam ditengah-tengah masyarakat dapat mencegah terjadinya kriminalitas ” terang Waka Polsek Durenan Ipda Kusnun..

Ipda Kusnun mengatakan, kehadiran anggota kepolisian diberbagai tempat sangat dibutuhkan untuk mencegah munculnya gangguan kamtibmas. Respon cepat yang diberikan anggota kepolisian atas berbagai laporan/ pengaduan masyarakat dapat meningkatkan citra dan kepercayaan masyarakat atas kinerja pelayanan Polri. Meningkatnya kepercayaan masyarakat atas kinerja Polri selanjutnya akan mendorong berkembang, dukungan dan partisipasi masyarakat dalam memelihara kamtibmas,” terangnya.