PolresTrenggalek.com
Polsek Kampak

Warung Kopi Sarana Berbagi Informasi

Polres Trenggalek – Patroli yang dipimpin Kanit Intelkam Aiptu Jarni singgah di warung kopi desa Bogoran Kampak Trenggalek, saat singgah tampak mantri perhutani menyambut kedatangan para anggota sambil berbagi informasi seputaran hutan pinus di wilayah kecamatan Kampak Trenggalek, Minggu (27/8).

Tusam atau pinus adalah tumbuhan yang semuanya tergabung dalam marga Pinus, Pohon pinus banyak terdapat di hutan-hutan milik Perhutani. Tanaman pinus sengaja ditanam untuk dimanfaatkan kayu dan getahnya, serta konservasi lahan. Hampir semua bagian pohonnya dapat dimanfaatkan, antara lain bagian batangnya dapat disadap untuk diambil getahnya. Getah pinus dapat diolah menjadi bahan pengencer cat. Hasil kayunya bermanfaat untuk konstruksi, korek api, pulp, dan kertas serat panjang.

Jika pohon pinus langka maka akan kekurangan bahan pembuat bubur kertas dan bahan pembuat minyak cat. Kelangkaan suatu jenis pohon tak lepas dari aktivitas perekonomian di sekitar pohon itu tumbuh. Bila pohon pinus ditebangi dalam jumlah banyak dan terus menerus tanpa ada usaha yang memadai untuk menanamnya kembali, maka dapat dipastikan satu jenis atau beberapa jenis pohon akan makin langka.

“Oleh karena itu mari kita peduli dengan hutan, dan perlu disosialisasikan kepada masyarakat agar jangan sembarangan menebang pohon pinus serta lakukan penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman” ujar Aiptu Jarni.

baca juga :

Patroli Daerah Rawan Jambret Dan Tindak Pidana.

Kembali Bergulir, Warga Senden Terima Penyaluran BSP Periode Desember

Melalui Giat Yasinan Rutin, Bhabinkamtibmas Desa Karangrejo Imbau Masyarakat Jaga Kerukunan dan Waspada Terhadap Penipuan Berhadiah

@2021 Polres Trenggalek