PolresTrenggalek.com
Polsek Pule

Anev Cyber Troops Menghadirkan Bintara Tilang Dalam Menjawab Pertanyaan Netizen

Polres Trenggalek – Dalam menindak lanjuti salah satu Netizen yang mengaploud Postingan ke media sosial Face Book beberapa hari yang lalu, tentang pertanyaan atas penindakan pelanggaran tilang yang dilaksanakan Polisi Lalu Lintas Polres Trenggalek. Dalam kegiatan diskusi cyber troops menghadirkan perwira yang berkompeten dibidangnya dalam pelanggaran tilang, untuk memberikan pengetahuannya kepada personel cyber troops Polsek jajaran, termasuk yang dari Polsek Pule Polres Trenggalek hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (29/8/2017).

Dalam penyampaian yang dilaksanakan KBO Lantas, memberikan penerangan permasalahan sistem penilangan secara elektronik yang diberlakukan sekarang ini. Dalam penindakan penilangan, pelanggar bisa langsung membayar denda ke Bank BRI maupun Anjungan Tunai Mandiri setelah mendapat notifikasi besaran tilang dari nomor BRIVA (BRI Vertual Account). Dari pembayaran denda yang dilakukan oleh pelanggar, bisa menarik barang bukti yang dibawa petugas bisa langsung dan paling lambat 4 hari dari penilangan. Dikarenakan setelah lamanya barang bukti pada petugas, akan menyerahkan ke pengadilan untuk proses pengambilanya.

Dan juga disampaikanya, besaran jumlah nominal minimal yang disetujui hakim di pengadilan Negeri Trenggalek. Dengan kesepakatan melalui kebijakan yang telah disepakati 3 bulan yang lalu, diperoleh batasan nilai nominal dalam pembayaran denda di Trenggalek.

Terdapatnya batas minimal yang harus dibayar pelanggar, terdiri dari beberapa tingkatan. Dalam pelanggaran untuk sepeda motor minimal 100 ribu, kecuali pada pelanggaran berat mengenai kepemilikan SIM denda yang harus dibayar minimal 200 ribu. Itu untuk ketentuan bagi pelanggaran kendaraan roda 2, untuk pelanggaran truck dan station minimal 400 ribu. Kendaraan besar seperti truck tronton mendapat nilai minimum denda dengan besaran 500 ribu, semua denda yang dikeluarkan oleh pelanggar dikembalikan ke Kas Negara.

Dengan demikian, bisa menjawab pertanyaan netizen dengan inisial BY. Yang sebelumnya bercuit -cuitan di Medsos terkenal di Trenggalek dengan menyampaikan atas penindakan tilang kepadanya di dekat jalan raya Widowati Trenggalek. Dengan kicauan kurangnya pengembalian dari petugas yang menindak, dengan memberikan uang 100 ribu padahal menurutnya tertera 70 ribu. Dari keterangan yang telah disampaikan mengenai besaran tilang minimal, untuk jenis sepeda motor minimal 100 ribu. Jadi sudah sesuai dengan ketentuan denda yang harus dibayarkan, tanpa harus mengembalikan uang sisa yang diberikan kepada pelanggar.

Berbagai kejadian laka lantas yang melibatkan anak dibawah umur, dalam pengertian anak yang masih duduk pada bangku sekolahan. Trenggalek pada tahun 2017 mendapat sorotan kejadian yang perlu penanganan, dengan telah terjadinya 18 kejadian Meninggal Dunia (MD). Sungguh angka yang besar bagi Trenggalek, guna mengantisipasi kejadian laka lantas yang mengakibatkan anak sekolah. Pihak Pemkab Trenggalek telah menurunkan beberapa mobil angkutan Pelajar, untuk wilayah Pule sendiri 1 mobil MPU yang telah dioperasikan. Akan diadakan penambahan untuk tahun kedepannya, menurut yang disampaikan Iptu Suwanan.

Bripka Saiful Anwar, SH yang turut dalam kegiatan analisa dan evaluasi yang dilaksanakan diruang promoter Polres Trenggalek, yang merupakan perwakilan personel cyber dari Polsek pule. Dengan personel polsek jajaran lainya yang ada di Polres Trenggalek, kegiatan rutin bulanan dalam memberikan solusi masalah kendala yang dihadapi terkait berjalannya tugas cyber troops di tingkat Polsek.

“Kita sampaikan pesan dari  Waka Polres Trenggalek tentang penugasan sebagai personel cyber, suatu pekerjaan yang membutuhkan loyalitas diri pribadi masing -masing personel. Harapannya untuk melaksanakan tugas dengan ihklas dengan setiap kerjaan atas dasar itu, akan memberikan nilai ibadah, ” Kata Bripka Saiful saat dilaksanakan konfirmasi di lokasi berbeda.

baca juga :

Gunakan Masker Imbauan Patroli

Bhabinkamtibmas Puyung Hadiri Kegiatan Musyawarah Desa

Sesuai Perintah Kita Masih Siaga Karena Ancaman Pada Polri

@2021 Polres Trenggalek