PolresTrenggalek.com
Polsek Pule

Polsek Pule Amankan Lomba Ronda Thethek di Dusun Ngugur Pule

Polres Trenggalek – Salah satu dusun di wilayah Desa Pule, Dusun Ngugur yang terdiri dari 12 Rukun Tetangga(RT) tak mau kalah dalam memeriahkan HUT RI ke 72, dengan mengelar lomba Ronda Thethek yang di ikuti 13 peserta. Kegiatan ini juga melibatkan personel Polsek Pule Polres Trenggalek yang di pimpin KSPK C Aiptu Muktar bersama 5 anggota untuk melaksanakan pengamanan jalannya lomba ini, termasuk melibatkan Bhabinkamtibmas sebagai jurinya, Senin,(28/8).

Lomba ronda thethek ini menempuh jarak kurang lebih 2,5 Km dengan stat Dukuh Jati dan finis di lapangan Dukuh Nguden Dusun Ngugur Pule, pesertanya ada yang melibatkan anak –anak, kaum muda maupun dewasa. Antusias penonton luar biasa sepanjang route yang dilalui.

“Kami backup pengamanan dalam kegiatan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman baik terhadap peserta maupun  warga yang menyaksikannya demi suksesnya perlombaan ini. Memberikan apresiasi kegiatan ini karena sambutan antusias dari warga masyarakat, kesenian tradisional ini musik tabuh berbahan bambu ini merupakan tradisi rakyat yang perlu dilestarikan,” ujar Aiptu Muktar KSPK C Polsek Pule Polres Trenggalek saat konfirmasi di lokasi.

Ronda thekthek merupakan kesenian musik tradisional itu dilakukan secara masal dengan menggunakan sejumlah alat musik kenthongan terbuat dari bambu namun bervariasi dari sisi ukuran, tidak diperkenankan diiringi musik.

Cara memainkan dengan di pukul – pukul  sehingga terdengar alunan musik yang unik dan indah, tak lupa disertai  lantunan lagu islami, campur sari sampai lagu – lagu mars perjuangan sehingga suaranya memecah kesunyian malam.

Lomba ini bertujuan selain menghibur masyarakat, untuk melestarikan kesenian tradisional dan yang tak kalah penting lagi  ikut merasakan semangat kemerdekaan yang telah di perjuangkan para pahlawan bangsa.

baca juga :

Malam Lebaran Kawasan Ini Tetap Terpantau

Imbau Gunakan Masker Pada Warga di Pemukiman

Sambut Bulan Ramadhan Dengan Kekhusuan Dan Mari Cegah Kejadian Kriminal

@2021 Polres Trenggalek