PolresTrenggalek.com
Polsek Pogalan

Kapolsek Pogalan AKP Warjito, S.H. Hadiri Kegiatan BNPB Mengajar

Polres Trenggalek – Pada hari Sabtu tanggal 30 September 2017 mulai pukul 08.00-12.00 WIB yang bertempat di Sasana Among Praja aula Kecamatan Pogalan telah dilaksanakan kegiatan BNPB Mengajar yang diikuti oleh siswa-siswi SDN 1, 2, 3 dan 4 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan. Sabtu (30/09).

Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 orang yaitu Camat Pogalan, Danramil Pogalan, Kapolsek Pogalan AKP Warjito, S.H., Kades Desa Ngadirenggo, Kepala UDPK Pogalan, Kepala sekolah SDN1 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan, Kepala Sekolah SDN 2 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan, Kepala Sekolah SDN 3 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan, dan Kepala Sekolah SDN 4 Ngadirenggo Kecamatan Pogalan.

Adapun susunan acaranya adalah pembukaan, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sambutan BNPB Kabupaten Trenggalek Drs. Djoko Rusanto, M. Si yang berinti suatu penyampaikan informasi mengenai penanggulangan bencana merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menjadikan indonesia menjadi bangsa yang tangguh, tanggap dan tangkas dalam menghadapi bencana. Upaya yang dilakukan bisa melalui sosialisasi atau media disememinasi informasi kepada masyarakat baik melalui media elektronika,media cetak maupun media tradisional. Penggunaan media tradisional dianggap salah satu alat komunikasi yang efektif,murah dan efesian dalam memberikan informasi yang positif dan kontruktif terhadap pemahaman mengenai kebencanaan, pembentukan karakter dan dapat mengubah mindset masyarakat menjadi masyarakat yang peduli terhadap budaya sadar bencana.

Kemudian dilanjut dengan sambutan Camat Pogalan yang berinti pertama, ucapan terima kasih atas tamu undangan yang hadir dan yang kedua, penyampaian bahwa di SDN 2 Ngadirenggo serta di pendopo Kecamatan Pogalan pernah terjadi banjir pada bulan Mei 2016 yang sempat meliburkan sekolah. Yang terakhir harapan bagi anak-anak untuk berhati-hati saat bermain di luar sekolah karena air sudah diberi kaporit dan belum bisa layak konsumsi.

Selanjutnya adalah sambutan Kabid Humas BNPB ibu Rita Rosita Simatupang dari Jakarta dengan inti mengucapkan terima kasih kpd siswa -siswi SDN Ngadirenggo yg telah hadir, BNPB hadir tentang kebencanaan dan edukasi pelajaran tentang bencana yg menjadi tujuan bangsa yang tanggap, tangguh menanggulangi bencana. Usai penyampaian sambutan tersebut dilanjutkan dengan acara inti yaitu sosialisasi dan mengajar di aula Sasana Among Praja di Kec. Pogalan dan yang terakhir adalah do’a.

Tampak pada pagi yang cerah begitu ramai sekali memadati lokasi Sasana Among Praja aula Kecamatan. Seluruh yang hadir pada acara ini merasa begitu senang karena dengan hadir pada kegiatan ini bisa memperoleh pengalaman serta pengetahuan, dan tentunya juga merasa bangga melihat para siswa SD turut serta dalam kegiatan ini dengan penuh antusias.

Secara umum, menurut saya kesadaran bencana masyarakat Indonesia masih rendah hal ini dibuktikan masih adanya masyarakat yang tidak peduli terhadap lingkungan. Contohnya adalah masih ada saja masyarakat yang membuang sampah di sungai, tidak menjaga kebersihan lingkungan, dan masih melakukan penebangan pohon secara liar. Saya begitu mendukung program BNBP Mengajar yang telah memberikan pengetahuan bagi anak-anak SD tentang dasar-dasar tanggap bencana. Sehingga sejak dini mereka sudah diberikan pemahaman yang baik mengenai bencana untuk bisa memperbaiki keadaan di masa yang akan datang. ujar AKP Warjito, S.H.

Kegiatan ini pun berlangsung dengan aman terkendali dan lancar mulai awal sampai akhir dengan bantuan petugas pengamanan dari Polsek Pogalan.

baca juga :

Aparat Gabungan Patroli dan Bagikan Masker kepada Warga

Bentuk Besinergi Antara Polri dan TNI Polsek Pogalan Pemasangan Spanduk Ucapan Selamat HUT TNI ke-72

Pemuda Nongkrong di Imbau Petugas Patroli Polsek Pogalan

@2021 Polres Trenggalek