PolresTrenggalek.com
Polsek Panggul

Kegembiraan Dalam larung Sesaji Pantai Konang

Polres Trenggalek – Dipimpin AKP Suprapto, SH Kapolsek Panggul, bersama anggota dan tiga pilar menghadiri undangan giat larung sesaji warga di pantai konang Dusun Sukorejo Desa Nglebeng Kec.Panggul Kab.Trenggalek.

4b4d32a9-9bcb-4fb6-853d-b82f0e2d8ddaTradisi larung sesaji atau Baritan merupakan kebiasaan masyarakat pesisir. Tradisi ini juga merupakan suatu bentuk upacara tradisional yang mempunyai makna sebagai kewajiban/kesanggupan untuk berbakti kepada Ibu Pertiwi serta melestarikan Kebudayaan peninggalan nenek moyang secara turun temurun.

Tradisi sedekah laut yang dilaksanakan satu tahun sekali oleh masyarakat pesisir khususnya nelayan Pantai konang. Hal ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil yang diperoleh nelayan dalam menangkap ikan dilaut serta seraya memanjatkan Doa agar hasil dalam menangkap ikan selalu melimpah serta diberi keselamatan ketika bekerja di laut. Terlihat keramain dalam acara ini disambut gembira para nelayan dan pengunjung pantai menikmati serangkaian acara ini.

f9b1fa8a-9a36-4f38-930d-0af9972e9574“ Kami datang memberi pengamanan dan ikut serta dalam pelarungan Tumpeng besar ke tengah laut yang diikuti oleh pengunjung wisata dan para nelayan “ Ujar AKP Suprapto, SH Kapolsek Panggul Polres Trenggalek.

Adat dan istiadat memang sulit untuk dihilangkan apalagi bagi orang jawa khususnya. Dengan memegang erat serta melestarikan budaya adalah cirri kita sebagai orang jawa.(dkzld)

baca juga :

Wujud Terjalinnya Silaturrahmi yang Baik Polri dan Masyarakat.

Ipda Katik S.H. : Masuk Tempat Wisata Wajib Bermasker

polrestrenggalek

Turun Hujan Wilayah Panggul, Petugas Control Debit Air Sungai

@2021 Polres Trenggalek