PolresTrenggalek.com
Polres Trenggalek

Satbinmas Polres Trenggalek Gelar Penyuluhan Optimalisasi Peran Serta Masyarakat Menjaga Kamtibmas

Polres Trenggalek – Pada Saat ini tingkat kriminalitas sangat menggangu ketertiban dan keamanan masyarakat. Peran masyarakat akan sangat penting dalam mewujudkan kondisi yang aman dan nyaman dalam masyarakat. Selain itu peran dan kewajiban masyarakat dalam membuat situasi aman dan nyaman.

Berdasarkan Undang – Undang No. 02 Tahun 2002  tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia menegaskan bahwa pemeliharaan keamananan dalam negeri melalui upaya penyelenggaraan fungsi Kepolisian yang meliputi pemeliharaan kemanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan dan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dilakukan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia selaku alat Negara yang di bantu oleh masyarakat dengan menjunjung tinggi HAM.

Satbinmas Polres Trenggalek menggelar pembinaan dan penyuluhan tentang pemberdayaan potensi masyarakat denga tema “ Optimalisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Menjaga Situasi Keamanan dan Ketertiban”, bertempat di balai Desa Dawuhan Kecamatan Trenggalek.  Kamis (05/10).

Dari segi keamanan dan ketertiban kota Trenggalek dianggap baik. Kondusifitas ini tidak lepas dari peran masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya masing – masing.

“Gangguan Kamtibmas tidak akan terjadi apabila ada peran serta masyarakat,” kata KBO Binmas Iptu Mujiata, S.H., saat memberi penyuluhan pemberdayaan potensi masyarakat kepada warga desa Dawuhan Kec. Trenggalek.

Iptu Mujiata menilai peran masyarakat dalam membangun sinergitas bersama antara aparat penegak hukum dan pemerintah sangat penting. Sehingga dapat mewujudkan komitmen bersama dalam hal menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Perlu ada jalinan komunikasi yang erat antar warga. Mulai sekarang warga harus berperan aktif mengamankan lingkungan. Komunikasi harus jalan biar enak kalau ada kejadian apapun”, tuturnya.

Dia tidak mengelak bahwa kejahatan penyalahgunaan narkoba, minuman keras, penipuan, pencurian, hingga perampokan hingga kini masih terjadi. Selain itu, untuk penipuan berbasis IT harus ada kewaspadaan khusus.

“Kalau bisa Siskamtibmas, tamu wajib lapor 1×24 jam di hidupkan lagi”, ucapnya.

Makin ada sering ronda bareng di Poskamling,  potensi terjadi gangguan Kamtibmas di wilayah setempat juga bisa terdeteksi sejak dini. Kalau ada kejahatan yang lainpun, masyarakat bisa dengan cepat memberikan informasi yang mereka ketahui.

“Jadi kami berharap masyarakat jangan cuek, mari kita sama – sama menjaga Kamtibmas di wilayahnya masing, masyarakat diimbau jadilah Polisi buat dirinya sendiri ”, ujarnya.

“Contohnya kalau lagi menjalankan aktifitas di luar misalnya di pasar maupun di tempat lain jangan memakai perhiasan yang mencolok. Jangan memancing  pelaku kejahatan untuk merampas”, tutupnya pada saat memberi penyuluhan.  (dev).

baca juga :

Hari Kesaktian Pancasila, Ini Pesan Kapolres Trenggalek untuk Generasi Milenial

Polsek Gandusari Amankan Pertandingan Bola Voli Mini Antar Dusun

Peduli Terhadap Generasi Muda Kapolsek Pogalan Membina Anak Punk

@2021 Polres Trenggalek